Head to Head Derby Della Mole

By Jaka Sutisna - Sabtu, 1 Desember 2012 | 23:25 WIB
Derby Della Mole perdana di Juventus Stadium.
Juventus.com
Derby Della Mole perdana di Juventus Stadium.

Pertama kalinya sejak terakhir kali tergelar pada musim 2008/09, Derby Della Mole antara Si Kuda Zebra Juventus kontra Si Banteng Torino kembali mentas di kandang Zebra, Juventus Stadium pada giornata ke 15 Serie A, Minggu (2/12) dini hari WIB.

Dibanding Derby Della Capitale pertama kali pada 1929 atau Derby Della Madonnina (1908), perseteruan La Vecchia Signora dengan I Granata merupakan Derby tertua di Italia. Bayangkan, kedua tim tetanggaan ini sudah saling bentrok sejak 1907.

Terhitung, sebanyak 134 edisi telah dimentaskan kedua tim di Serie A. Rinciannya, Si Hitam Putih menang 59 kali berbanding 34 kemenangan milik Si Merah Marun, sisanya 41 kali imbang.

Jika menghitung 12 bentrokan terkini di Serie A, Torino semakin terlihat sangat inferior dihadapan Juventus. Anak asuh Giampiero Ventura tak pernah meraih tripoin. Hasil terbaik hanya empat kali menahan imbang. Sisanya Juventus mendominasi delapan kemenangan.

Bagaimana dengan kondisi kedua tim saat ini? Juventus jelas masih unggul. Di papan klasemen I Bianconeri berada 13 anak tangga di atas Torino (peringkat 14) dengan selisih 17 poin!

Tetapi perlu diingat, dalam pertandingan derby yang sarat gengsi, keunggulan teknis sebuah tim bisa menguap begitu saja karena biasanya yang lebih berperan adalah semangat juang saat laga.

Tak jarang Juventus kalah dari Torino meski di atas kertas diunggulkan seperti yang terjadi pada musim 1994/95.

Pada musim itu Juventus kalah dalam dua pertemuan dengan Torino. Kalah 2-3 tandang, dan 1-2 kandang. Padahal di musim tersebut Juventus menjadi Scudetto di akhir musim. Itulah musim terakhir dimana Torino bisa mengalahkan Juventus.

Head to head Juventus vs Torino dalam 12 pertandingan terakhir di Serie A.

2009-03-08 Serie A 2008/2009 Torino 0 - 1 Juventus


Editor : Jaka Sutisna


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X