Daftar Klub Serie A yang Dihukum Pada 2012/13

By Brian Yosef - Kamis, 23 Agustus 2012 | 09:54 WIB
Serie A
legaseriea.it
Serie A

Skandal judi dan penipuan olahraga atau yang disebut scommessopoli, telah membuat masalah besar bagi sejumlah klub di Italia. Setidaknya ada 4 klub yang mendapat hukuman fatal berupa pengurangan poin dan denda saat menjalani musim baru di Serie A.

Sejumlah klub di seluruh level kompetisi Italia serta individu, telah terjerat hukuman, dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) sejak 1 Juni 2011.

Setidaknya ada 4 klub Serie A yang dihukum, dari hasil yang berdasarkan pada investigasi jilid ketiga sejak Maret 2012 hingga sekarang. UC Sampdoria dan Torino FC mengalami minus 1 poin dan denda sebesar 30 ribu euro.

Atalanta BC mengalami minus 2 poin plus denda sebesar 25 ribu euro. AC Siena mengalami hukuman yang paling berat di Serie A, mereka mengalami minus 6 poin dan denda sebesar 20 ribu euro.

Hal itu tentu akan berdampak pada pencapaian di klasemen Serie A musim 2012/13.

Bagaimana dengan Juventus? Sejak 11 Agustus 2012, Leonardo Bonucci (mantan pemain Bari) dan Simone Pepe (mantan pemain Udinese), telah dibebaskan dari tuntutan hukuman berupa larangan bertanding, padahal sebelumnya mereka dinilai terlibat secara langsung oleh penuntut umum, Stefano Palazzi.

Ironisnya, Antonio Conte (mantan allenatore Siena) dilarang beraktivitas pada sepak bola selama 10 bulan, padahal kesalahannya hanya tidak melaporkan skandal scommessopoli yang terjadi di Siena kepada petugas hukum.

Kemungkinan besar perannya sudah diambil alih oleh Massimo Carrera sejak pertandingan pertama Juventus di Serie A 2012/13, lawan Parma (26/8).

Conte akan mengajukan banding untuk yang kedua kalinya dalam kasus ini. Kali ini ia akan membawa kasus tersebut ke Pengadilan Arbiterase Komite Olimpiade Italia, yang sidangnya kemungkinan akan digelar September 2012.


Editor : Brian Yosef


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X