Ditinggal Guardiola, Barca Tetap Tim Terbaik

By Yudhi F. Oktaviadhi - Rabu, 8 Agustus 2012 | 02:28 WIB
Edmilson
Clive Mason/Getty Images
Edmilson

Mantan pemain Barcelona, José Edmílson Gomes Moraes, merasa yakin mantan klubnya tersebut akan tetap menjadi tim hebat dengan filosofi permainan tiki taka meskipun ditinggal oleh sang pelatih, Pep Guardiola.

Setelah mampu mempersembahkan 14 gelar juara dalam empat musim, Guardiola memutuskan untuk melepas jabatannya sebgai pelatih Barca akhir musim lalu. Banyak pihak menilai kepergian Guradiola akan mempengaruhi perminan Barca musim depan.

Namun, ditunjuknya Tito Vilanova sebagai pelatih baru, sedikit demi sedikit mengikis rasa pesismistis beberapa pihak akan prestasi Barca. Latar belakang Tito yang nyaris sama dengan Guardiola, dianggap mampu membawa Barca tetap menjadi tim hebat. Hal tersebut juga dirasakan Edmilson yang pernah berseragam Barca.

"Saya pikir filsafat klub dengan cara tiki taka tak akan merubah permainan Barca musim depan dan musim-musim selanjutnya," ujar pemain berusia 36 tahun itu kepada AS.

"Saya belum pernah melihat Barca setelah ditinggal Guardiola. Ini akan sulit, tapi saya yakin Tito akan bekerja keras untuk tim. Barca tetap akan menjadi Barca dan sama kuat seperti musim-musim sebelumnya," tambahnya.

Edmilson bermain bersama Barca selama empat musim (2004-2008). Ia menorehkan 71 penampilan bersama Barca. Ia juga menjadi bagian Barca saat meraih gelar juara Liga Champion musim 2005/2006 yang kala itu masih dilatih Frank Rijkaard.


Editor : Matias Purwanto


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X