Kalahkan Timor Leste, Indonesia di Posisi Tiga

By Peksi Cahyo Priambodo - Sabtu, 7 Juli 2012 | 21:32 WIB
Selebrasi Nurmufid usai mencetak gol pembuka
Yukie Chandra/Bolanews
Selebrasi Nurmufid usai mencetak gol pembuka

0 kala bentrok dengan Timor Leste di Stadion Utama Riau, Sabtu (7/7). Atas hasil itu, Indonesia kini duduk di tempat ketiga.

Kemenangan yang diraih timnas Indonesia tidaklah mudah. Terbukti sejak laga dibuka, Timor Leste yang turun dengan kekuatan terbaik mampu memberi perwalanan yang cukup ketat sekaligus membuat Indonesia kesulitan dalam menyerang. Bahkan, di awal babak pertama The Rising Sun bisa memberi beberapa ancaman ke gawang Indonesia yang dikawal Aji Saka.

Akan tetapi, perlawanan sengit yang diberikan Nicolao Higinio Baptisa Soares dkk. nyatanya tak bertahan lama. Tercatat sejak menit ke-35 Timor Leste terlihat mengalami penurunan dan akhirnya membuat Indonesia bisa leluasa melakukan serangan.

Dengan kondisi seperti itu, Indonesia pun dihampiri sejumlah peluang, di antaranya pada menit ke-35 dan menit ke-37. Tapi sayang, dua percobaan gagal berbuah manis. Performa gemilang para bek lawan dan juga kiper Timor Leste, Ramos Saozinho menjadi penyebabnya.

Meski begitu, Indonesia tetap tak berhenti. Semangat untuk memetik kemenangan setelah dikalahkan Australia membuat Andik cs. bisa memimpin pada menit ke-42. Gol bagi Indonesia dicetak oleh Nurmufid Fastabiqul dari tendangan bebas yang sangat keras.

Indonesia sendiri nyaris menambah keunggulan di menit-menit akhir babak pertama. Tapi, gol urung terjadi setelah bola sepak Hendra Adi Bayau dengan memanfaatkan umpan terobosan Andik ditepis Ramos Saozinho. Hingga laga babak pertama berakhir, skor 1-0 tetap bertahan untuk Indonesia.

Sementara itu di babak kedua Indonesia tetap menunjukkan hasrat besar mengakhiri laga dengan poin tiga. Dengan semangat tinggi, Indonesia terus dihampiri sejumlah peluang di babak kedua.

Puncaknya, lima menit sebelum waktu normal berakhir Indonesia bisa menggandakan keunggulan lewat penyelesaian apik Agung Supriyanto yang mampu menundukkan sang kiper Timor Leste. 2-0 Indonesia unggul dan bertahan hingga peluit panjang berbunyi.

Dengan hasil itu, Indonesia naik dua tangga ke tempat kedua, mengekor Jepang dan Australia, dengan poin tiga. Indonesia menggusur Singapura lantaran menang dalam selesih gol. Selanjutnya, Indonesia dijadwalkan bertemu Makau di Stadion Utama Riau, Selasa (10/7).

*****


Editor : Frengky Aruan


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X