Kalahkan Persema, Persiba Naik ke Posisi Kedua

By Benediktus Gerendo Pradigdo - Senin, 12 Maret 2012 | 21:18 WIB

1 atas tamunya, Persema Malang, di Stadion Sultan Agung Bantul, Senin (12/3) malam WIB. Tiga poin penuh itu membuat Persiba naik ke posisi kedua dalam klasemen Indonesia Permier League (IPL).

Sempat dikejutkan dengan serangan cepat Persema di awal pertandingan, Persiba Bantul akhirnya membuka keunggulan pada menit ke-17 melalui gol yang diciptakan oleh Ugiek Sugiyanto. Striker Persiba itu menjebol gawang Persema melalui percobaan kedua setelah tembakannya sempat dihalau oleh kiper tim tamu, Sukasto Effendi.

Persema berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-27 setelah wasit memberi hadiah penalti karena kiper Persiba, Andi Setiawan, melanggar Emile Mbamba di kotak terlarang. Emile yang dipercaya menjadi eksekutor menjalankan tugasnya dengan baik.

Namun, hanya berselang dua menit Persiba kembali meraih keunggulan. Memanfaatkan umpan dari Ezequiel Gonzales, Ugiek Sugiyanto kembali membobol gawang Persema untuk kedua kalinya. Kedudukan 2-1 untuk keunggulan tim tuan rumah pun bertahan hingga babak pertama usai.

Persiba berhasil menambah keunggulannya di babak kedua melalui gol yang diciptakan Cornelis Kaimu pada menit ke-76. Striker Persiba yang beberapa kali gagal memaksimalkan peluang ini akhirnya menjebol gawang Persema yang didahului dengan aksi individu hingga berhadapan dengan Andi Setiawan. Cornelis dengan mudah melepaskan tembakan saat Andi berusaha menerjangnya dan bola pun kembali mengoyak jala gawang Persema.

Persema kembali mendapatkan peluang untuk memperkecil ketertinggalan pada masa injury time. Wasit memberi hadiah penalti untuk kedua kalinya kepada Persema di pertandingan ini setelah Irfan Bachdim dilanggar Wahyu Wijiastanto di dalam kotak terlarang. Namun sayang, eksekusi tendangan penalti yang dilakukan Irfan Bachdim dapat dihentikan dengan mudah oleh Andi Setiawan dan wasit langsung meniupkan peluit tanda pertandingan berakhir.

Persiba sukses meraih tiga poin penuh dengan kemenangan 3-1. Tiga poin penuh itu sukses membuat Persiba yang awalnya berada di posisi keempat, naik dua posisi ke posisi kedua klasemen IPL, menggeser Semen Padang dan Persebaya Surabaya. Persiba saat ini mengumpulkan 18 poin dari 11 laga, terpaut dua poin dari Persibo Bojonegoro yang berada di posisi puncak klasemen.

****
Susunan pemain:

Persiba: 20-Andi Setiawan, 13-Wahyu Wijiastanto, 4-Eduardo Bizarro, 3-Anwarudin, 2-Burhanudin Nihe, 23-Arwin, 7-Busari, 11-Slamet Nurcahyo, 9-Ezequiel Gonzales, 39-Cornelis Kaimu, 22-Ugik Sugiyanto.

Cadangan: 21-Agus Marwanto, 6-Achmad Taufiq, 19-Slamet Widodo, 8-Johan Manaji, 17-Xyz Roeroe, 26-Muhammad Ansori, 18-Riyanto.

Persema: 20-Sukasto Effendi, 16-Agung Dwi Jaksono, 8-Naum Sekulovski, 18-Deniss Kacanovs, 11-Bima Sakti (4-Fergiawan Fergian, 89'), 23-Kim Jeffri Kurniawan, 25-Tommy Pranata, 17-Dio Permana (27-Evan Honabo, 46'), 50-Reza Mustofa, 10-Irfan Bachdim, 14-Emile Mbamba (12-Joko Prahayathno, 81').

Cadangan: 1-Joko Ribowo, 2-Nehemian, 21-Dodit Fitrio, 28-Erfan Priyanto.




Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X