Bungkam Persis, Persebaya Kembali ke Puncak

By Benediktus Gerendo Pradigdo - Senin, 12 Maret 2012 | 17:37 WIB
Charles Parker, bawa Persebaya kembali ke puncak klasemen.
Nurdiansah/Bolanews
Charles Parker, bawa Persebaya kembali ke puncak klasemen.

0 di Stadion Gelora 10 Nopember Tambaksari Surabaya, Senin (12/3) sore WIB. Tiga poin penuh membuat Bajul Ijo kembali naik ke posisi puncak klasemen Grup I Divisi Utama LI, menggeser Persita Tangerang.

Bajul Ijo langsung tampil menggebrak sejak awal pertandingan. Bahkan dalam waktu 15 menit tim tuan rumah memastikan angka pertama melalui gol yang diciptakan oleh Basuki yang memanfaatkan umpan dari M. Hamzah.

Basuki yang muncul dari garis kedua menyongsong umpan Hamzah yang sebelumnya lolos dari jebakan offside dan melakukan penetrasi hingga berhadapan langsung dengan kiper Persis, Dede Pranata. Basuki pun sukses menceploskan bola ke gawang yang tak terkawal dengan baik.

Unggul satu angka tak membuat Persebaya berpuas diri. Sejumlah peluang terus mereka ciptakan hingga akhirnya pada menit ke-29 gol kedua pun tercipta. Kali ini giliran Charles Parker yang menjebol gawang Persis dengan tandukan kepala setelah menerima umpan silang dari sisi kiri yang dilepaskan oleh Anoure Obiora Richard. Keunggulan 2-0 itu pun bertahan hingga babak pertama berakhir.

Baru dua menit babak kedua berjalan, Persebaya membuat publik Gelora 10 Nopember kembali bersorak. Supaham berhasil menjebol gawang Persis untuk ketiga kalinya dengan tandukan kepala. Umpan Basuki dari situasi set-piece tak dibuang percuma oleh Supaham untuk menambah pundi gol timnya.

Tertinggal tiga gol tampaknya cukup mempengaruhi mentalitas bertanding Persis Solo. Hal itu terlihat dari beberapa kali area kanan pertahanannya selalu kosong dan membuat tim tamu dengan mudah membangun serangan dari sana. Bahkan tiga gol yang bersarang di gawang membuat Persis memutuskan untuk mengganti kiper mereka, Dede Pranata, dan memasukkan Tri Windu Anggono pada menit ke-51.

Jatuhnya mental pemain tim tamu membuat Persebaya kembali menjebol gawang mereka pada menit ke-87 melalui kaki Supaham. Namun, wasit menganulir gol keempat itu lantaran sebelum Supaham mendapat bola, Anoure Obiora Richard terlebih dahulu tertangkap mata sudah berada di posisi offside.

Pertandingan pun berakhir dengan kedudukan 3-0. Tiga poin penuh yang diraih Persebaya membuat mereka kembali naik ke puncak klasemen Grup I Divisi Utama LI dengan 22 poin dari sembilan laga, menggeser turun Persita Tangerang yang sejauh ini mengumpulkan 21 poin dari sepuluh pertandingan.

****

Susunan pemain:




Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X