Persib Sukses Buktikan Diri di Jalak Harupat

By Bintang Pradewo - Minggu, 5 Februari 2012 | 21:44 WIB
Moses Sakyi
Erly Bahtiar/BOLA
Moses Sakyi

1, Minggu (5/2).

Sama halnya seperti melawan Persija, kemenangan juga dipetik Persib Bandung di Stadion Si Jalak Harupat Soreang, Kab. Bandung. Bedanya, di laga kontra Pelita, Persib berstatus sebagai tim tamu, sementara Pelita menjadi sang tuan rumah.

Sedikit catatan, di laga itu Pelita seharusnya menggelar pertandingan kandangnya di Singaperbangsa. Namun lantaran belum mendapat izin keamanan dari pihak kepolisian Karawang, The Young Guns terpaksa memindahkan home base-nya ke Stadion Si Jalak Harupat.

Pemindahan tempat dilangsungkannya laga itu sendiri berdampak banyak bagi skuad Persib. Paling tidak hal itulah yang tergambar di laga babak pertama. Ya, pemindahan itu membuat Persib tampil sangat percaya diri. Dengan dukungan para suporter, mereka langsung melakukan tekanan sejak peluit babak pertama dibunyikan.

Hasilnya, beberapa peluang menghampiri si Biru. Salah satunya yang terjadi pada menit keenam. Sayang, peluang itu hanya berujung sia-sia setelah bola hasil sepakan M. Ilham dari luar kotak penalti masih bisa diamankan I Made Kadek.

Meski gagal, Persib tetap tidak berhenti. Upaya terus-menerus yang dilakukan anak-anak Bandung akhirnya membuahkan hasil pada menit kesepuluh. Lewat sebuah penetrasi, Jajang Sukmara membawa Persib mengungguli Pelita.

Tak sampai di situ, Persib bahkan nyaris menambah keunggulan pada menit ke-15. Namun, upaya Persib lewat aksi individu Atep gagal setelah bola hasil sepakan eks pemain Persija, yang lebih dulu menyisir sisi kanan pertahanan, masih bisa diblok Kadek.

Persib baru bisa memperbesar keunggulan pada menit ke-21. Gol diciptakan Moses Sakyi lewat sebuah tandukan, dengan memanfaatkan umpan yang dikirim M. Ilham di dalam kotak penalti Pelita.

Dua gol yang bersarang ke gawang Pelita, untungnya direspon anak-anak Karawang. Jelang laga berakhir mereka pun coba bangkit dengan melakukan berbagai serangan. Namun sayang, hingga laga di paruh pertama berakhir, Pelita tak bisa mencetak sebiji pun gol.

The Young Guns sendiri baru bisa memperkecil ketertinggalannya pada menit ke-67. Gol dilesakkan striker asal Malaysia, Safee Sali dengan memanfaatkan bola muntah di depan mulut gawang Persib. Skor berubah 2-1.

Satu gol itu membuat Pelita tampak termotivasi. Buktinya mereka lebih rajin menyerang guna menyamakan kedudukan.

Tapi naas, bukannya mencetak gol kedua, Pelita justru harus kebobolan oleh gol yang diciptakan Moses Sakyi pada menit ke-80, memanfaatkan umpan sodoran Aliyudin. Gol itu menjadi gol terakhir sekaligus memastikan Persib memetik poin penuh.

Susunan Pemain

Pelita: 21-I Made Kadek (GK), 5-Edi Hafid, 32-Victor Igbonefo, 4-Stanislav, 14-Ruben Sanadi, 8-Egi Melgiansyah, 11-Dedi Kusnandar (Sasongko 84'), 77-John Tarkpor, 7-Greg Nwokolo, 9-Bajevski (Makdis 87'), 10-Safee Sali (C)

Cadangan: 12-Sahar Ginanjar (GK), 27-Firdaus Ramadhan, 19-Ifan Prianto, 20-Feriansyah Mas'ud, 16-Makdis Al Farizi, 17-Joko Sasongko, 2-Gilang Ginarsyah

Persib: 1-Jendry Pitoy (GK), 16-Tony Sucipto, 18-Jajang Sukmara, 5-Maman Abdurahman (C), 6-Abanda Herman, 24-Hariono, 17-M. Ilham, 7-Atep, 50-Miljan Radovic (Agung Pribadi 90+'), 9-Airlangga Sucipto (Aliyudin 71'), 10-Moses Sakyi (Hendra Ridwan 90')

Cadangan: 32-Cecep Supriatna (GK), 4-Wildansyah, 13-M. Agung Pribadi, 14-Hendra Ridwan, 23-Dudi Sunardi, 20-Budiawan, 15-Aliyudin


Editor : Frengky Aruan


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X