Kobe Bryant Pebasket Berpendapatan Tertinggi NBA

By Peksi Cahyo Priambodo - Kamis, 26 Januari 2012 | 16:59 WIB
Kobe Bryant, berpenghasilan tertinggi di NBA.
Getty Images
Kobe Bryant, berpenghasilan tertinggi di NBA.

Siapakah pebasket berpendapatan tertinggi saat ini di NBA? Dialah Kobe Bryant. Shooting guard LA Lakers ini memiliki total pendapatan US$ 53,2 juta (Rp 478 miliar) setahun.

Gaji Kobe dari Lakers adalah US$ 25,2 juta (Rp 226,8 miliar). Dari produk global seperti Nike, Smart Car, Panini, dan Turkish Airlines, pundi-pundi pemilik 5 cincin juara NBA itu bertambah US$ 28 juta (Rp 252 miliar).

Kobe mendapatkan perpanjangan kontrak sebesar US$ 84 juta untuk tiga tahun. Sebelumnya, total pendapatan Kobe selama 15 tahun bermain di NBA (sebelum mendapatkan perpanjangan kontrak US$ 84 juta), adalah US$ 196 juta (Rp 1,8 triliun). Kontrak besar yang diterima Lakers dari jaringan TV Time Warner Cable selama 20 tahun sebesar US$ 200 juta, menjadi alasan Lakers memberikan kontrak besar kepada Kobe.

Peringkat kedua pebasket NBA berpendapatan tertinggi adalah LeBron James. Total penghasilan LeBron selama setahun adalah US$ 49 juta. Nike sebagai sponsor utama LeBron memberikan bayaran tak kurang dari US$ 10 juta per tahun.

Selain Nike, produk-produk yang menjadi sponsor King James adalah Coca-Cola, McDonald’s, State Farm, dan Upper Deck. Total pendapatan dari sponsor di luar gaji mencapai US$ 33 juta. Berapakah gaji LeBron? Ia hanya mendapatkan US$ 16 juta!

Peringkat ketiga pebasket dengan penghasilan besar adalah Dwight Howard. Center Orlando Magic ini mendapatkan penghasilan sebesar US$ 28,9 juta per tahun. Dari gaji, Howard mendapatkan gaji US$ 17,9 juta. Dari sponsor (Adidas dan McDonald's) mendapatkan uang US$ 11 juta.

Peringkat keempat dan kelima pebasket NBA berpenghasilan terbesar adalah Dwyane Wade dan Carmelo Anthony. Penghasilan Wade US$ 27,7 juta sementara Melo US$ 26,5 juta.

Bayaran Wade US$ 15,7 juta dan ia mendapatkan tambahan dari Jordan Brand. Sementara Melo hanya mendapatkan US$ 8 juta dari endorsement, di luar kontrak US$ 61 juta/3 tahun dari Knicks.


Editor : Eko Widodo


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X