Ko Sung-hyun Raih Dua Gelar di Jerman Terbuka

By Pipit Puspita Rini - Minggu, 6 Maret 2016 | 22:30 WIB
Pasagan ganda campuran Korea Selatan, Ko Sung-hyun/Kim Ha-na, merayakan kemenangan atas pasangan Denmark, Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen, pada BWF Superseries Finals di Dubai, 9 Desember 2015. (GONZALO ARROYO MORENO/GETTY IMAGES)

Pemain spesial ganda Korea Selatan, Ko Sung-hyun, meraih dua gelar pada Jerman Terbuka 2016 dari nomor ganda putra dan ganda campuran, Minggu (6/3/2016).

Ko meraih gelar pertamanya di nomor ganda campuran bersama Kim Ha-na. Bertemu Shin Baek-cheol/Chae Yo-jung pada laga final di RWE-Sporthalle, Mulheim, Ko/Kim menang 21-19, 21-12.

Ko dan Shin lalu bahu-membahu pada laga final ganda putra melawan rekan senegara yang juga unggulan pertama ganda putra, Lee Yong-dae/Yoo Yeon-seong. Ko/Shin menang 20-22, 21-18, 21-17.

Laga final ganda putra ini berlangsung seru. Perolehan poin selalu berjalan ketat. Pada gim pertama, Ko/Shin sempat unggul 10-6, tetapi terkejar pada 11-11.

Selanjutnya, skor berjalan imbang hingga 20-20. Lee/Yoo lebih dulu mencatat dua poin beruntun yang memastikan mereka memenangi gim ini.

Gim kedua juga berjalan ketat. Ko/Shin lebih banyak memimpin meskipin Lee/Yoo beberapa kali berhasil menyamakan posisi. Ko/Shin berhasil memenangi gim ini dan memaksa pertandingan berlanjut ke gim ketiga.

Pada gim ketiga, Ko/Shin tertinggal 0-3 lalu 1-4 di awal. Mereka lalu mencatat enam angka beruntun dan berbalik unggul 7-4.

Ko/Shin mampu mempertahankan keunggulan hingga memastikan kemenangan dalam 1 jam 14 menit. Bagi Ko/Shin, ini merupakan kemenangan ketiga dari tujuh kali bertemu Lee/Yoo.

Pada pertandingan lain, China sudah mengantongi dua gelar dari Li Xuerui (tunggal putri) dan Huang Yaqiong/Tang Jinhua (ganda putri).

Li meraih gelar setelah menundukkan seniornya di tim nasional China, Wang Shixian, dengan 21-14, 21-17.