Jelang Play-off, 2 Wilayah Sisakan Dua Slot

By Diya Farida Purnawangsuni - Sabtu, 9 April 2016 | 08:05 WIB
Pemain Dallas Mavericks, David Lee (jersey biru nomor 42), melepas tembakan lay-up saat membela timnya melawan juara bertahan, Golden State Warriors, di Oracle Arena, Oakland, California, 25 Maret 2016. (EZRA SHAW/GETTY IMAGES NORTH AMERICA/AFP PHOTO)

Drama perburuan tiket play-off terus berlanjut di pengujung musim reguler NBA 2015-2016. Sekitar sepekan jelang play-off, dua wilayah kini kompak hanya menyisakan dua slot.

Laga play-off NBA 2016 dijadwalkan dimulai pada 16 April waktu setempat atau 17 April di Indonesia.

Menggunakan format laga 2-2-1-1-1 pada sistem best of seven, delapan tim terbaik dari masing-masing wilayah akan melakoni pertandingan post-season guna memenangi gelar juara.

Dilansir nba.com, juara tahun lalu, Golden State Warriors, dipastikan menyegel posisi pertama di Wilayah Barat setelah memenangi gim ke-70.

Hingga laga ke-79, Warriors baru kalah sembilan kali. Jika terus mempertahankan catatan ini, skuat racikan Steve Kerr itu bisa melampaui rekor menang-kalah musim reguler terbaik milik Chicago Bulls.

Pada musim 1995-1996 atau tepat dua dekade lalu, Bulls, yang masih diperkuat Kerr sebagai pemain, membukukan rekor menang-kalah 72-10.

Selain Warriors, lima tim yang sudah mengamankan tempat di play-off ialah San Antonio Spurs (peringkat ke-2), Oklahoma City Thunder (3), Los Angeles Clippers (4), Memphis Grizzlies (5), dan Portland Trail Blazers (6).

Dua slot tersisa masih diperebutkan Dallas Mavericks (menang kalah: 40-38), Utah Jazz (39-39), dan Houston (38-41), yang berturut-turut berada di posisi ketujuh, kedelapan, dan kesembilan.

Situasi serupa juga terjadi di klasemen Wilayah Timur. Dipuncaki Cleveland Cavaliers, baru ada enam tim yang sudah aman memasuki gerbang play-off.

Selain Cavaliers, tim lain yang sudah lolos adalah Toronto Raptors (2), Atlanta Hawks (3), Boston Celtics (4), Miami Heat (5), dan Charlotte Hornets (6).