Pelatih Tontowi/Liliyana: Kemenangan Ini Bukan karena Saya

By Kamis, 18 Agustus 2016 | 07:37 WIB
Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, melakukan selebrasi setelah memastikan meraih medali emas Olimpiade Rio 2016 dengan mengalahkan Chan Peng Soon/Goh Liu Ying (Malaysia) 21-14, 21-12 di Rio Centro-Pavilion 4, Rabu (17/8/2016). (YVES LACROIX/BADMINTON PHOTO)

Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, berhasil mempersembahkan medali emas bagi Merah Putih pada Olimpiade Rio 2016.

Medali emas ini didapat setelah mengalahkan wakil Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying, 21-14, 21-12, pada pertandingan yang berlangsung di Riocentro, Pavilion-4.

Penampilan Tontowi/Liliyana di Riocentro memang luar biasa. Sejak babak penyisihan, Tontowi bahkan tak pernah kehilangan satu gim pun.

"Puji Tuhan, kami sangat bersyukur dengan emas yang dipersembahkan oleh Tontowi/Liliyana. Saya ucapkan terima kasih kepada Tontowi/Liliyana. Dari dua Olimpiade tim ganda campuran dapat perak, kali ini emas disumbangkan Tontowi/Liliyana," kata pelatih ganda campuran nasional, Richard Mainaky.

"Penampilan Tontowi/Liliyana memang bagus, mereka bermain konsisten dari angka pertama. Jujur, mereka memang sangat siap. Kita lihat saja dari babak semifinal, kemenangan atas unggulan pertama Zhang Nan/Zhao Yunlei  (China) menggambarkan mereka adalah calon kuat untuk juara dengan catatan mereka tidak lengah," ucap Richard.

Richard mengatakan bahwa pola permainan Tontowi/Liliyana sudah berjalan sejak awal laga.

"Tetapi pada gim kedua, Liliyana terburu-buru, namun keduanya bisa counter lagi," tutur Richard.

Richard juga menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada masyarakat Indonesia yang sudah mendukung dan mendoakan Tontowi/Liliyana dalam perjuangan membawa pulang medali emas ke Tanah Air.


Pelatih ganda campuran nasional, Richard Mainaky, sedang memberikan pengarahan kepada pasangan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir pada babak semifinal Malaysia Terbuka di Malawati Stadium, Sabtu (9/4/2016).(BADMINTON INDONESIA)

Tak lupa Richard juga mengucapkan terima kasih kepada mantan pasangan main Liliyana, yaitu Nova.