Kemenangan Kedua Cal Crutchlow

By Delia Mustikasari - Minggu, 23 Oktober 2016 | 12:52 WIB
Pebalap CWM LCR Honda asal Inggris, Cal Crutchlow, memacu motornya pada balapan GP Jepang di Sirkuit Twin Ring Motegi, Minggu (16/10/2016). (TOSHIFUMI KITAMURA/AFP PHOTO)

Pebalap LCR Honda, Cal Crutchlow, menjuarai GP Australia setelah finis di urutan pertama pada balapan yang berlangsung di Sirkuit Phillip Island, Minggu (23/10/2016).

Bagi Crutchlow, ini merupakan kemenangan ke-2 pada musim 2016. Kemenangan sebelumnya dia raih pada GP Ceska.

Marc Marquez (Repsol Honda) sang pemegang pole position, berhasil mempertahankan posisinya saat mengawali start. Di belakang Marquez ada Cal Crutchlow ( LCR Honda), Aleix Espargaro (Suzuki Ecstar), dan Andrea Dovizioso (Ducati).

Pada lap ke-2, Marquez masih memimpin, disusul Pol Espargaro (Yamaha Tech3), Crutchlow, Aleix Espargaro (Suzuki Ecstar), dan Dovizioso.

Valentino Rossi (Movistar Yamaha) yang start dari posisi ke-15, berhasil naik posisi ke-6 pada lap ke-5. Sementara itu, Jorge Lorenzo (Movistar Yamaha) di urutan ke-7.

Pada lap ke-6, Crutchlow naik ke posisi ke-2 setelah melewati A Espargaro, disusul Dovizioso.

Pada lap ke-8, Rossi naik ke posisi ke-5 lalu ke-4 setelah melewati Dovizioso. Pada lap berikutnya, Rossi berhasil melewati A Espargaro dan masuk ke urutan tiga besar.

Marquez masih nyaman di depan, disusul Crutchlow, A Espargaro, Rossi, dan Dovizioso. Crutchlow kemudian mencatat putaran terbaik dalam 1 menit 29,494 detik.

Tak lama kemudian, Marquez terjatuh di tikungan 4 lap ke-10 sehingga posisinya digeser oleh Crutchlow. Bagi Marquez, ini merupakan kali pertama dia tidak finis musim ini.

Setelah terjatuh, Marquez kembali ke pit dan dia tidak mengalami cedera.