Jelang Derby della Madonnina; Vincenzo Montella, Manusia Derbi

By Dwi Widijatmiko - Selasa, 15 November 2016 | 17:32 WIB
Ekspresi pelatih AC Milan, Vincenzo Montella, saat memimpin timnya menghadapi Palermo dalam laga Serie A di Renzo Barbera, Palermo, 6 November 2016. (TULLIO M. PUGLIA/GETTY IMAGES)

Akhir pekan nanti, AC Milan akan menghadapi Inter dalam laga derby della Madonnina. Milan punya modal bagus untuk memetik kemenangan.

Performa Milan sedang oke. Dalam sembilan pertandingan terakhir, Milan tujuh kali menang dan hanya sekali kalah. Mereka meraih 22 poin dari kemungkinan maksimal 27.

Pada periode yang sama, Inter hanya memetik 13 poin. Inter kalah empat kali dan cuma menang empat kali dalam sembilan pertandingan terbaru.

Milan juga punya senjata baru: Vincenzo Montella. Sang pelatih kelihatan berhasil menanamkan gaya permainan dan mentalitas yang bagus ke dalam tim.

Bukan itu saja, Montella juga punya rekor apik bicara derbi. Sepanjang kariernya sebagai pelatih, eks arsitek Roma, Catania, Fiorentina, dan Sampdoria itu sudah melakoni 12 derbi.

Selain derbi klub sekota macam Roma-Lazio dan Sampdoria-Genoa, Montella juga pernah merasakan derbi wilayah macam derbi Sisilia (Catania-Palermo) dan derbi Tuscany (Fiorentina-Livorno-Siena-Empoli).

Rekornya impresif. Montella hanya kalah sekali dan menang sembilan kali!

Catatan itu berbanding terbalik dari Stefano Pioli. Rekor pelatih baru Inter itu dalam laga derbi sangat buruk. Juga merasakan 12 derbi, Pioli hanya menang sekali, empat kali imbang, dan tujuh kali kalah.

Rekor Montella di Derbi