Piala Dunia Klub 2016: Apakah yang Bisa Mengganjal Real Madrid?

By Kamis, 8 Desember 2016 | 10:38 WIB
Pemain dan ofisial Real Madrid melakukan perayaan usai menjuarai Piala Dunia Antarklub di Stadion Marrakesh, Moroccan city, pada 20 Desember 2014. Di partai final Madrid mengalahkan klub asal Argentina, San Lorenzo, dengan skor 2-0. (FADEL SENNA/AFP)

Edisi perdana Piala Dunia Klub dimenangi oleh representasi Conmebol, Corinthians (Brasil). Kendati demikian, ajang yang pertama kali digelar pada tahun 2000 itu lantas identik dengan kampiun asal Eropa.

Penulis: Sem Bagaskara

Kesuksesan Corinthians memang disusul oleh Sao Paulo (2005) dan Internacional (2006) dalam dua edisi berikut. Hanya, kemenangan 4-2 AC Milan atas Boca Juniors pada 2007 lantas mengubah peruntungan wakil-wakil Conmebol.

Dalam delapan pergelaran lanjutan, hanya sekali utusan Conmebol naik ke podium juara, tepatnya pada 2012, tatkala Corinthians menekuk Chelsea 1-0. Selebihnya, wakil Benua Biru yang berjaya.

Representasi UEFA secara total telah delapan kali mengangkat trofi Piala Dunia Klub, alias rekor terbanyak dibandingkan konfederasi lain.

Berbekal skuat bertabur megabintang, Real Madrid berpeluang besar melanjutkan dominasi Eropa pada PD Klub edisi 2016 yang digelar di Jepang dari 8 sampai 18 Desember.

Wakil UEFA dan Conmebol mendapatkan privilese langsung bermain di fase semifinal. Madrid baru akan berpeluh pada 15 Desember.

Jika nilai skuat dijadikan patokan, pasukan arahan Zinedine Zidane seharusnya tak akan kesulitan untuk menapakkan kaki ke partai puncak.

Calon lawan Los Blancos di semifinal adalah Jeonbuk Hyundai Motors (juara Liga Champion Asia 2016) atau Club America (juara Liga Champion Concacaf 2016).