Hendra/Tan Tembus Babak Utama India Terbuka 2017

By Diya Farida Purnawangsuni - Selasa, 28 Maret 2017 | 17:35 WIB
Pasangan ganda putra Hendra Setiawan (Indonesia, kiri)/Tan Boon Heong (Malaysia), mengembalikan kok kepada Berry Angriawan/Hardianto pada babak kedua Thailand Masters yang berlangsung di Nimibuts Stadium, Kamis (9/2/2017). (BADMINTON INDONESIA)

Pasangan ganda putra Hendra Setiawan (Indonesia)/Tan Boon Heong (Malaysia) melaju ke babak utama turnamen India Terbuka. Mereka menyusul tiga wakil ganda putra Merah Putih yang lebih dulu berada pada babak utama.

Hendra/Tan lolos setelah mengalahkan Ben Lane/Sean Vendy (Inggris) dengan 21-14, 21-10 pada babak kedua putaran kualifikasi di Siri Fort Indoor Stadium, New Delhi, Selasa (28/3/2017).

Hendra/Tan memulai gim kesatu melawan Lane/Vendy dengan kurang baik. Mereka sempat terlibat pertarungan ketat hingga kedudukan 6-6.

Hendra/Tan sempat lepas dari tekanan lawan setelah meraih empat poin beruntun. Namun, Lane/Vendy berhasil kembali menyamakan skor menjadi 10-10.

Selepas interval, permainan Hendra/Tan membaik. Mereka beberapa kali meraih poin beruntun hingga akhirnya unggul 20-13.

Lane/Vendy menambah satu poin lagi, tetapi setelah itu giliran Hendra/Tan yang mendulang poin untuk memenangi gim kesatu.

Unggul satu gim menambah kepercayaan diri Hendra/Tan pada gim kedua. Berbeda dengan gim kesatu, pada gim ini, Hendra/Tan sudah memegang kendali permainan sejak perebutan poin-poin awal.

Hendra/Tan berturut-turut unggul 4-2, 6-3, dan 9-5 sebelum mencapai fase interval dalam kedudukan 11-7.

Laju Hendra/Tan makin tak terbendung pada fase akhir gim kedua. Hendra/Tan yang level permainannya memang lebih bagus terus menambah poin hingga unggul jauh 15-7.

Keunggulan ini dijaga Hendra/Tan hingga akhir laga. Setelah bertarung selama 25 menit, Hendra/Tan tampil sebagai pemenang dan berhak berlaga pada babak utama.