Balas Gol dalam 67 Detik, Italia Permalukan Belanda

By Septian Tambunan - Rabu, 29 Maret 2017 | 03:51 WIB
Para pemain Italia merayakan gol yang dicetak Eder ke gawang Belanda dalam pertandingan persahabatan di Stadion Amsterdam Arena, Amsterdam, Belanda, pada 28 Maret 2017. (CLAUDIO VILLA/GETTY IMAGES)

Italia mempermalukan Belanda dengan skor 2-1 dalam pertandingan persahabatan di Stadion Amsterdam Arena, Selasa (28/3/2017).

Gol Italia dicetak oleh Eder Martins (menit ke-11) dan Leonardo Bonucci (32'), sedangkan gol Belanda datang dari lesakan bunuh diri Alessio Romagnoli (10').

Belanda sebenarnya tampil lebih mendominasi. Mereka memimpin penguasaan bola hingga 56 persen. Dari segi peluang, tuan rumah memiliki delapan dan Italia mempunyai sembilan kesempatan.

Italia lebih dulu mengancam gawang Belanda pada menit kedelapan saat tendangan Eder dari luar kotak penalti masih melenceng tipis di sisi kiri gawang Jeroen Zoet.

Dua menit kemudian, Belanda justru mampu membuka keunggulan terlebih dahulu. Berawal dari tembakan Quincy Promes dari dalam kotak 12 pas, bola berbelok setelah membentur Bonucci dan Romagnoli sehingga mengecoh kiper Italia, Gianluigi Donnarumma.

Namun, hanya berselang 67 detik, Italia mampu menyamakan kedudukan lewat sepakan keras Eder dari luar kotak terlarang.

Belanda kebobolan dari luar kotak penalti dalam lima dari tujuh pertandingan terakhir mereka.

Pada menit ke-26, Belanda balas menggempur tim tamu. Akan tetapi, tandukan Bruno Martins Indi yang memanfaatkan umpan sepak pojok Kevin Strootman hanya mengenai mistar gawang Italia.

Upaya Belanda langsung dijawab oleh Italia dengan gol pada menit ke-32. Bermula dari eksekusi tendangan penjuru Marco Verratti, bola liar di mulut gawang pasukan Fred Grim disambar oleh Bonucci.

Bonucci membukukan empat dari total lima golnya bersama Italia lewat proses sepak pojok.