Tidak Ada yang Salah dari Penalti buat Man United

By Anju Christian Silaban - Rabu, 5 April 2017 | 07:16 WIB
Ekspresi manajer Everton, Ronald Koeman, saat memberikan arahan kepada para pemainnya dalam pertandingan Premier League 2016-2017 menghadapi West Bromwich Albion di Stadion Goodison Park, Liverpool, Inggris, pada Sabtu (11/3/2017). (MARK ROBINSON/GETTY IMAGES)

Manajer Everton, Ronald Koeman, tidak merasa dirugikan oleh keputusan wasit Neil Swarbrick, yang memberikan penalti kepada Manchester United saat kedua tim bertemu.

Everton sebenarnya unggul selama lebih dari 70 menit pada partai lanjutan Premier League - kasta teratas Liga Inggris - di Stadion Old Trafford itu.

Hanya, vonis Swarbick pada masa injury time membuat tiga poin buyar. Sang pengadil melayangkan kartu merah kepada Ashley Williams dan memberikan penalti yang dikonversi menjadi gol oleh Zlatan Ibrahimovic.

Di mata Koeman, tidak ada yang salah dari keputusan wasit karena Williams tergolong melakukan aksi kotor terhadap Luke Shaw.

"Penalti merupakan keputusan tepat dari wasit, tetapi kami tetap sulit menerimanya. Saya sempat merasa sangat yakin untuk mencatatkan clean sheet malam ini," tutur Koeman.

Baca: Menurut Luis Milla, Indonesia Punya Satu Keunggulan ketimbang Spanyol

Pria asal Belanda itu pun melihat bahwa faktor kegagalan timnya tidak cuma kesalahan Williams, tetapi juga penghamburan peluang dari lini depan.

Tercatat ada empat tembakan ke arah gawang dari sebelas percobaan yang dilepaskan Everton selama 90 menit.

"Kami seharusnya 'membunuh' lawan, tetapi kurang bagus dalam penyelesaian akhir," ucap Koeman.

Padahal, kalau bisa meraih tiga poin, Everton bisa menggusur Man United dari peringkat kelima dengan keunggulan selisih gol.