Eks Pengasuh Ronaldinho dan Messi Melamar Jadi Pelatih Thailand

By Anju Christian Silaban - Kamis, 13 April 2017 | 21:31 WIB
Frank Rijkaard menampingi Barcelona saat melawan Real Murcia pada partai La Liga - kasta teratas Liga Spanyol - di Stadion La Nueva Condomina, 17 Mei 2008. (JOSE LUIS ROCA/AFP)

 Sekretaris Jenderal Federasi Sepak Bola Thailand (FAT) Pisan Judilok mengklaim bahwa pihaknya telah menerima lamaran dari Frank Rijkaard untuk menangani tim nasional (timnas).

Posisi tersebut mengalami kekosongan setelah Kiatisuk Senamuang mengundurkan diri terhitung per 31 Maret 2017. Keputusan itu diambil hanya sebulan berselang Kiatisuk membarui kontraknya.

Seiring kepergian Kiatisuk, FAT pun tengah menyeleksi sejumlah nama untuk menduduki kursi pelatih, salah satunya Rijkaard.

"Kami menerima profil Frank Rijkaard, yang melamar untuk pekerjaan pelatih timnas," ujar Pisan.

Baca: Di Timnas, Ada "Jose Mourinho" di Sisi Luis Milla

LLUIS GENE /AFP
Ronaldinho (kiri) berbincang dengan Lionel Messi saat Barcelona melawan Athletic Bilbao pada partai La Liga di Stadion Camp Nou, 15 Januari 2006.

Rijkaard memiliki rekam jejak cukup mentereng dengan catatan menangani timnas Belanda dan Barcelona. Pada 2006, Barcelona yang turut diperkuat Ronaldinho, dibawa menjuarai Liga Champions.

Berkat Rijkaard pula, Lionel Messsi melakoni debut bersama tim utama Barcelona pada 2003.

Rijkaard bukanlah satu-satunya nama besar yang dikaitkan dengan jabatan pelatih Thailand. Ada pula Claudio Ranieri, Alejandro Sabella, dan Rene Meulensteen.

"Presiden FAT Somyot Poompunmuang dan Direktur Witthaya Laohakul tengah sibuk menimbang. Mereka akan mengumumkan keputusannya segera," kata Pisan.