Jelena Ostapenko Juarai Roland Garros 2017

By Sabtu, 10 Juni 2017 | 22:56 WIB
Petenis putri Latvia, Jelena Ostapenko, berpose dengan trofi juara Prancis Terbuka (Roland Garros) yang didapat setelah mengalahkan Simona Halep dari Rumania pada babak final di Paris, Sabtu (10/6/2017). (FRANCOIS XAVIER MARIT/AFP PHOTO)

Petenis Latvia, Jelena Ostapenko, mencatat sejarah baru dalam perjalanan kariernya. Petenis 20 tahun tersebut menjadi juara Prancis Terbuka (Roland Garros) 2017, Sabtu (10/6/2017).

Ostapenko mendapatkan gelar tersebut setelah menundukkan petenis Rumania, Simona Halep (25), dengan 4-6, 6-4, 6-3 di lapangan Philippe-Chatrier, Paris.

Bagi Ostapenko, ini merupakan gelar turnamen Grand Slam perdananya.

Pertandingan dibuka dengan kedua pemain saling mematahkan servis lawan pada dua gim pertama. Mereka berhasil mempertahankan skor imbang hingga kedudukan 4-4.

Halep lalu memenangi dua gim berikutnya dan memastikan set pertama menajdi miliknya. Set ini berlangsung dalam 39 menit.

Pada set kedua, Halep tampil mendominasi sejak awal. Dia unggul 3-0 dalam 14 menit.

Ostapenko harus bekerja keras untuk mempertahankan servisnya pada gim keempat. Dia berhasil menipiskan selisih dan kedudukan berubah menjadi 1-4.

Ostapenko terus mendekat dengan mematahkan servis Halep pada gim kelima. Dia lalu berhasil menyamakan kedudukan menjadi 3-3.

Ostapenko belum berhenti. Dia terus melaju dan akhirnya berbalik unggul 4-3 setelah mematahkan servis Halep pada gim ketujuh.

Halep bisa menyamakan kedudukan menjadi 4-4. Namun, Ostapenko yang semakin percaya diri memenangi dua gim berikutnya dan menutup set ini dalam 46 menit.