Akhiri Kutukan Semifinal, Sung Ji-hyun Selangkah Menuju Gelar Juara

By Diya Farida Purnawangsuni - Sabtu, 17 Juni 2017 | 22:38 WIB
Pebulu tangkis tunggal putri Korea Selatan, Sung Ji-hyun, merayakan kemenangan atas Ratchanok Intanon (Thailand) 21-13, 21-17 pada parta keempat semifinal Piala Sudirman 2017. Korea menang 3-1 atas Thailand pada pertandingan yang digelar di Carrara Indoor Sports Stadium, Sabtu (27/5/2017). (PATRICK HAMILTON/AFP PHOTO)

Pebulu tangkis tunggal putri Korea Selatan, Sung Ji-hyun, sukses mengakhiri kutukan babak semifinal superseries pada tahun ini dengan melangkah ke babak final turnamen BCA Indonesia Open Superseries Premier 2017.

Sung yang menjadi unggulan kelima melangkah ke babak final setelah mengalahkan Zhang Beiwen (Amerika Serikat) dengan skor 21-10, 8-21, 21-10 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan. Sabtu (17/6/2017).

Selain menyisakan satu langkah untuk meraih gelar juara, kemenangan ini juga menjadikan Sung sebagai pemain tunggal putri Korea pertama yang masuk ke babak final Indonesia Open setelah 22 tahun.

"Saya senang sekali. Setelah beberapa kali gagal pada babak semifinal tahun ini, akhirnya saya bisa masuk ke final. Jadi, ada perkembangan yang bagus," tutur Sung seusai bertanding.

Sung memenangi gim kesatu dengan sangat meyakinkan. Dia menyelesaikan gim pembuka dengan kemenangan telak.

Namun, kemenangan gim kesatu tersebut tidak lantas memudahkan laju Sung pada gim kedua. Alih-alih melanjutkan performa dominan, dia justru kalah telak pada gim ini.

Sung baru kembali menemukan performa terbaik pada gim ketiga. Faktor cedera betis yang didapat Zhang turut membantu Sung memenangi pertandingan.

Pada babak final, Sung akan menjumpai wakil Jepang, Sayaka Sato. Pemain non-unggulan itu lolos ke final seusai mengalahkan Nitchaon Jindapol (Thailand) dalam permainan tiga gim.

"Saya sudah beberapa kali bertemu Sato. Dia memiliki tenaga yang kuat dan penguasaan lapangan yang bagus. Jadi, saya harus fokus dari awal," kata Sung.