Roger Federer Tembus Final Wimbledon untuk Kali Ke-11

By Nugyasa Laksamana - Sabtu, 15 Juli 2017 | 01:06 WIB
Petenis asal Swiss, Roger Federer, tampil pada laga semifinal Wimbledon 2017 melawan Tomas Berdych (Republik Ceko) di London, Jumat (14/7/2017). (ADRIAN DENNIS/AFP)

Petenis asal Swiss, Roger Federer, mencapai final untuk yang kali ke-11 dalam ajang Wimbledon setelah mengalahkan Tomas Berdych (Republik Ceko) pada laga semifinal.

Tampil di Center Court, Wimbledon, London, Jumat (14/7/2017) waktu setempat, Federer menorehkan kemenangan 7-6(4), 7-6(4), 6-4 dalam waktu dua jam 18 menit.

Ini sekaligus menjadi kemenangan ke-19 Federer atas Berdych dari 25 pertemuan di berbagai kompetisi.


Pertandingan set pertama berlangsung ketat. Kedua petenis saling menunjukkan determinasinya dan sanggup mempertahankan servisnya masing-masing.

Federer dan Berdych sampai harus menjalani tiebreak untuk menentukan kemenangan.

Saat tiebreak, Federer bermain lebih apik. Ia mencatatkan kemenangan 7-4 pada sesi ini dan menyudahi set pertama dalam waktu 53 menit.


Laga set kedua juga berjalan sengit. Keduanya sama-sama tampil impresif dan terjadi kejar-mengejar perolehan angka.

Berdych sanggup mematahkan servis Federer hingga set kedua terpaksa kembali dituntaskan melalui tiebreak.

Federer kembali menunjukkan kematangannya sebagai pemain berpengalaman. Ia berhasil mengantongi set kedua berkat kemenangan 7-4 saat tiebreak.


Berdych mencoba untuk bangkit pada set ketiga. Kendati tertinggal dua set, finalis Wimbledon 2010 itu masih bisa melancarkan tekanan terhadap Federer hingga menorehkan keunggulan 2-1.