Rio Haryanto Akan Ikuti Tes Pramusim Formula E di Spanyol

By Nugyasa Laksamana - Minggu, 1 Oktober 2017 | 13:52 WIB
Pebalap Manor Racing asal Indonesia, Rio Haryanto, sedang berada di pit, ketika menjalani sesi kualifikasi GP Hungaria di Hungaroring, Sabtu (23/7/2016). (MANOR GRAND PRIX RACING LTD)

Mantan pebalap Formula 1 (F1) asal Indonesia, Rio Haryanto, kembali menjajal dunia balap. Pada Selasa (3/10/2017) mendatang, dia akan mengikuti tes mobil balap listrik Formula E di Valencia, Spanyol.

Rio akan menjalani tes Formula E di Circuit Ricardo Tormo, atau dikenal pula dengan nama Circuit de Valencia.

Berdasarkan informasi dari sang ibunda, Indah Pennywati, Rio sudah berangkat dari Indonesia menuju Spanyol sejak Sabtu (30/9/2017).

"Rio ikut tes setelah diundang oleh pihak Formula E. Nanti soal mobilnya sudah disiapkan di sana. Jadi, ini baru tes pramusim," kata Indah saat dihubungi JUARA pada Minggu (1/10/2017) siang.

Baca juga:

Seperti halnya F1, Formula E juga merupakan ajang balapan yang berada di bawah naungan Federasi Otomotif Internasional (FIA).

Formula E menggunakan mobil bertenaga listrik dan digagas sejak tahun 2012. Kejuaraan perdananya digelar di Beijing, China pada September 2014.

Untuk tahun ini, balapan Formula E akan menggelar musim keempatnya pada awal Desember 2017 mendatang.

"Ya saya senang juga Rio bisa kembali menyetir. Dia belum memutuskan apakah benar-benar ikut balapan Formula E atau balapan yang lain," kata Indah.

"Sekarang dia mau jajaki dulu Formula E. Dengan ikut tes, paling tidak dia punya pandangan, pengalaman, dan bisa kembali balapan," tutur dia.