Setelah Sewindu, Akhirnya Italia Punya Juara Dunia Lagi

By Samsul Ngarifin - Minggu, 29 Oktober 2017 | 14:08 WIB
Pebalap Moto2 asal Italia yang membela tim EG 0,0 Marc VDS, Franco Morbidell, merayakan gelar juara dunia yang diraih pada GP Malaysia di Sirkuit Sepang Internasional, Minggu (29/10/2017). (MOHD RASFAN/AFP PHOTO)

 Pebalap Moto2 asal Italia yang membela tim Marc VDS, Franco Morbidelli, berhasil mengikuti jejak Valentino Rossi dan mendiang Marco Simoncelli dengan meraih gelar juara dunia 2017.

Morbidelli merupakan pebalap Italia pertama yang menjadi juara dunia sejak Rossi meraih gelar juara MotoGP 2009.

Morbidelli juga menjadi pebalap Italia pertama yang merengkuh titel juara dunia kelas Moto2 (dulu 250cc) sejak mendiang Simoncelli meraihnya pada 2008.

Selain itu, Morbidelli juga menjadi pebalap pertama dari VR46 Academy yang berhasil meraih titel juara dunia.

Morbidelli dipastikan menjadi juara dunia Moto2 pada musim ini sebelum balapan di Sirkuit Internasional Sepang, Minggu (29/10/2017), berlangsung.

Kepastian tersebut didapat setelah pesaing utama Morbidelli dalam perburuan gelar juara dunia, Thomas Luthi, absen.

Luthi tidak bisa mengikuti balapan Moto2 Malaysia karena mengalami cedera di pergelangan kaki seusai terjatuh saat menjalani latihan bebas alias free practice.

Akibat insiden tersebut, Luthi diperkirakan absen selama tiga pekan.

Sebelum balapan Moto2 Malaysia digelar, Morbidelli sudah memiliki keunggulan 29 poin atas Luthi. Morbidelli mengumpulkan 272 poin, sedangkan Luthi meraup 243 poin. 

Raihan poin tersebut didapat Morbidelli setelah memenangi delapan seri balap dan dua kali finis di posisi ketiga.