Ricky/Debby Jadi Wakil Indonesia Pertama yang Tembus Babak Kedua Indonesia Masters 2018

By Diya Farida Purnawangsuni - Selasa, 23 Januari 2018 | 20:32 WIB
Pasangan ganda campuran nasional baru, Ricky Karanda Suwardi (kanan)/Debby Susanto, siap memulai kalender kompetisi 2018 sebagai tandem di atas lapangan. (BADMINTON INDONESIA)

Pasangan ganda campuran nasional, Ricky Karanda Suwardi/Debby Susanto, menjadi wakil Merah Putih pertama yang menembus babak kedua turnamen Indonesia Masters 2018.

Tiket babak kedua digenggam Ricky/Debby setelah mengalahkan wakil Hong Kong, Lee Chun Hei Reginald/Chau Hoi Wah, 15-21, 21-12, 21-10, pada babak kesatu yang berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (23/1/2018).

Ricky/Debby membuka gim kesatu dengan kurang baik. Sempat mengimbangi perolehan skor lawan sampai kedudukan 3-3, performa Ricky/Debby langsung jeblok setelah pasangan lawan memenangi tujuh poin beruntun.

Saat paruh awal gim kesatu tuntas, Ricky/Debby tertinggal jauh 4-11.

Selepas interval, permainan Ricky/Debby tak kunjung membaik. Terus bermain di bawah tekanan lawan, Ricky/Debby selalu berada dalam keadaan tertinggal.

Mereka pun kalah dengan marjin enam poin.

Keadaan berbalik 180 derajat saat gim kedua dimainkan. Sejak perebutan poin pertama, Ricky/Debby selalu berada dalam kondisi unggul atas Lee/Chau.

Tercatat, Ricky/Debby unggul 2-0, 6-5, dan 11-4.

Memasuki paruh kedua, permainan Ricky/Debby semakin matang. Tak ingin kehilangan momentum, pasangan yang memulai kerja sama mereka pada akhir tahun lalu itu langsung tancap gas untuk memimpin skor 17-11.

Lee/Chau masih bisa menambah satu poin lagi, tetapi laju Ricky/Debby sudah tidak bisa dibendung. Mereka menang dengan skor telak dan memastikan laga harus berlanjut ke gim ketiga.