Berhasil Revans, Pelatih Tim Putri Jepang Tetap Layangkan Pujian ke Skuat China

By Susi Lestari - Minggu, 11 Februari 2018 | 17:23 WIB
Tim putri China berpose dengan medali perak yang mereka raih pada Kejuaraan Beregu Asia 2018 di Stadium Sultan Abdul Halim, Alor Setar, Kedah, Malaysia, Minggu (11/2/2018). (BADMINTON INDONESIA)

Pujian dilayangkan pelatih tim putri Jepang, Park Joo-bong, kepada skuat China yang menjadi lawan mereka pada laga final Kejuaraan Beregu Asia 2018 di Stadium Sultan Abdul Halim, Alor Setar, Kedah, Malaysia, Minggu (11/2/2018).

Menurut Park, meski skuat putri China pada kejuaraan ini diisi oleh pemain-pemain muda, mereka tidak bisa diremehkan.

"Pemain ganda unggulan China semuanya tidak ada di sini. Ini adalah pemain muda dan ini benar-benar pertama kalinya saya melihat mereka bermain," kata Park yang dikutip dari The Star.

Tim putri China yang diperkuat pemain-pemain muda antara lain Chen Yufei, Dong Wenjing/Feng Xueying, He Bingjiao, Cao Tong Wei/Zheng Yu, dan Gao Fangjie, mampu tampil solid hingga menembus final.

Tiket partai puncak digenggam China setelah mengalahkan Korea Selatan dengan skor 3-1 pada semifinal.

(Baca Juga: Kejuaraan Beregu Asia 2018 - Firman Abdul Kholik Bawa Indonesia ke Final Usai Lewati Laga Dramatis Selama 1 Jam 24 Menit)

"Meski mereka masih muda, mereka menunjukkan bahwa mereka bisa sangat kuat. Kami tidak benar-benar punya banyak data untuk dipersiapkan melawan mereka," ucap Park.

Kendati sempat mengaku tidak punya banyak informasi untuk menyiapkan strategi, Park berhasil mengantar anak-anak didiknya naik ke podium kampiun Kejuaraan Beregu Asia 2018.

Pada babak final yang merupakan ulangan partai pamungkas dua tahun lalu, Jepang menang telak 3-0 atas China.

Tiga poin kemenangan Jepang masing-masing dipetik oleh Akane Yamaguchi, Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi, dan Nozomi Okuhara.