Inasgoc Akui Aspek Transportasi Jadi Persoalan Paling Krusial pada Asian Games 2018

By Nugyasa Laksamana - Selasa, 20 Februari 2018 | 13:01 WIB
Ketua Inasgoc Erick Thohir memberikan pemaparan soal Asian Games 2018 kepada para awak media di Wisma Serbaguna, Senayan, Jakarta, Senin (19/2/2018). (NUGYASA LAKSAMANA/BOLASPORT.COM)

Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018 Erick Thohir mengakui persoalan transportasi menjadi hal paling krusial dalam penyelenggaraan pesta olahraga terbesar di Asia tersebut.

Pada saat test event Asian Games 2018 yang berlangsung 8-15 Februari 2018, banyak keluhan dari kalangan atlet dan ofisial mengenai kondisi lalu lintas Jakarta.

Inasgoc awalnya menargetkan lama perjalanan dari Wisma Atlet Kemayoran ke Gelora Bung Karno hanya ditempuh dalam waktu 34 menit.

Namun kenyataannya, lama perjalanan ada yang mencapai hampir satu jam dan itu pun sudah memakai voojrider alias pengawalan petugas.

(Baca Juga : Pengamanan Asian Games 2018 Dipastikan Bakal Lebih Ketat dan Berlapis)

"Isu yang paling krusial untuk Asian Games adalah transportasi. Tadi dalam rakor telah direncanakan bahwa ada studi di rumah," kata Erick di Wisma Serbaguna, Senayan, Jakarta, Senin (19/2/2018).

"Akan tetapi, kami masih menunggu kepastian mengenai hal tersebut," ucap dia menambahkan.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan pihaknya sedang mematangkan ide mengatasi persoalan transportasi.

Ia memastikan bakal ada rekayasa lalu lintas baik di jalan tol maupun non-tol.

(Baca juga: Anies Baswedan Sebut Pengerjaan Venue Asian Games 2018 di DKI Jakarta Sudah Sesuai Jadwal)

Selain itu, Anies akan mengatur sistem kegiatan belajar-mengajar di sekolah serta jam kerja.