Lewis Hamilton Sebut Hukuman yang Diterima Sebastian Vettel Terlalu Ringan

By Diya Farida Purnawangsuni - Senin, 25 Juni 2018 | 21:18 WIB
Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton, melakukan selebrasi di atas podium setelah memenangi balapan Formula 1 GP Prancis 2018 di Sirkuit Paul Ricard, Le Castellet, Minggu (24/6/2018). (BORIS HORVAT/AFP)

Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton , menilai hukuman untuk Sebastian Vettel pada balapan Formula 1 (F1) GP Prancis 2018 akhir pekan lalu terlalu ringan.

Menurut Lewis Hamilton, Sebastian Vettel seharusnya mendapat hukuman yang lebih setimpal ketimbang cuma penalti 5 detik.

Vettel diganjar penalti 5 detik setelah terbukti menyebabkan rekan setim Hamilton, Valtteri Bottas, mengalami kerusakan di bagian mobilnya pasca-disenggol Vettel di tikungan 1 Sirkuit Paul Ricard, Le Castellet, Prancis, Minggu (24/6/2018).

Gara-gara insiden tersebut, Bottas terpaksa masuk ke pit dan melakoni sisa balapan dengan kondisi jet darat yang kurang optimal.

Sementara itu, Vettel yang juga melakukan pit-stop berhasil mengganti bagian sayap depan dan finis di urutan kelima alias dua setrip lebih baik ketimbang Bottas.

Padahal, sebelum Bottas disenggol Vettel, tim Mercedes punya peluang finis 1-2 pada balapan GP Prancis 2018.

"Bagi saya, hukuman ini mengecewakan karena tim kami memiliki kesempatan finis 1-2, dan saya pikir hasil tersebut akan memberi perasaan luar biasa karena hal itu merupakan tujuan utama tim," kata Hamilton yang dilansir BolaSport.com dari ESPN, Senin (25/6/2018).

"Valtteri sudah mengerjakan tugasnya dengan sangat solid sepanjang akhir pekan, seperti halnya yang ia lakukan pada tahun ini," tutur pebalap Britania Raya itu.

Baca juga: Kesalnya Valtteri Bottas Usai Disenggol Sebastian Vettel di Sirkuit Paul Ricard