Start Neraka Ernesto Valverde di FC Barcelona

By Kamis, 1 Juni 2017 | 13:07 WIB
Bek FC Barcelona, Gerard Pique (tengah), merayakan kemenangan timnya atas Real Madrid dalam pertandingan La Liga di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol, pada 23 April 2017.
DAVID RAMOS/GETTY IMAGES
Bek FC Barcelona, Gerard Pique (tengah), merayakan kemenangan timnya atas Real Madrid dalam pertandingan La Liga di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol, pada 23 April 2017.

Putaran lengkap satu dekade penuh kejayaan telah dilalui Barcelona. Sejak masa pemecatan Frank Rijkaard, disusul penunjukan Josep Guardiola, hingga perpisahan Luis Enrique, Barca menjalani era terbaiknya.

Penulis: Rizki Indra Sofa

Seiring perpisahan pahit dengan Rijkaard pada musim panas 2008, tanpa gelar di akhir musim dan finis di posisi ketiga edisi sebelumnya, barangkali tak akan ada yang menyangka kejayaan ada di depan mata.

Penunjukan Pep, mengalahkan Jose Mourinho atas rujukan mendiang Johan Cruyff, adalah awal segalanya.

Dalam satu dekade terakhir, Barca menjuarai lima Copa del Rey (tiga dari Enrique), enam La Liga, enam Piala Super Spanyol, dan tiga gelar Liga Champion.

Tambahan titel didapatkan dari tiga trofi Piala Super Eropa dan tiga gelar Piala Dunia Klub.

Sepanjang periode 10 tahun, pelatih datang silih berganti. Semua bisa memberikan kontribusi, meskipun tak selalu berupa trofi di akhir musim. Sebut saja perjudian atas penunjukan Gerardo “Tata” Martino yang berujung nirgelar.

Baca Juga:

Seiring kepergian Enrique, satu dekade telah lewat. Barca kini siap memulai era baru dengan pelatih baru dan potensi banyak muka baru pula.

Xavi Hernandez, Andres Iniesta, dan Carles Puyol adalah ikon Barca di era Guardiola. Sekarang Lionel Messi adalah simbol dari Blaugrana seiring pensiunnya Xavi dan Puyol serta pemangkasan peran Don Andres.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Tabloid BOLA No.2.772


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X