TOPIK TERPOPULER
Selebrasi United Indonesia seusai menjadi juara umum Zinc BOLA Sports Race 2016 di Taman Mini Indonesia Indah, Minggu (27/11/2016).
DOK. UNITED INDONESIA
Selebrasi United Indonesia seusai menjadi juara umum Zinc BOLA Sports Race 2016 di Taman Mini Indonesia Indah, Minggu (27/11/2016).
Bola Sport Race 2016

Kalimat Sir Alex Ini Jadi Inspirasi United Indonesia Sabet 4 Gelar Beruntun di ZINC BOLA Sports Race

JAKARTA, JUARA.net - Berangkat dari tradisi Manchester United akan pembinaan pemain muda, United Indonesia, sebagai komunitas fans United terbesar di Tanah Air juga berusaha mengikuti jejak tersebut. Penerapan nyata mereka lakukan dalam ajang ZINC BOLA Sports Race 2016 di Taman Mini Indonesia Indah, Minggu (27/11/2016).

"Orang-orang muda akan selalu mencapai hal-hal yang tidak mungkin, baik itu di lapangan sepak bola, di dalam sebuah perusahaan, ataupun organisasi besar lainnya. Mereka adalah harapan untuk hari esok."

Kalimat dari manajer legendaris Manchester United, Sir Alex Ferguson, di atas menjadi inspirasi bagi United Indonesia dalam mengarungi Zinc Bola Sports Race 2016.

Dalam event akbar antar komunitas olahraga yang digelar tahunan ini, United Indonesia yang diwakili oleh chapter Jakarta telah memperoleh tiga titel juara umum, yaitu pada 2013, 2014, dan 2015.

Kesuksesan pada tiga tahun terakhir membuat para 'pemain lama' mulai berpikir untuk melakukan regenerasi pemain guna meneruskan tradisi juara umum.

Tongkat estafet pun beralih tangan. Pada tahun ini, UI Jakarta berkomitmen menurunkan wajah-wajah baru demi memberikan pengalaman pada para ‘pemain muda'-nya.

Praktis, 80 persen isi skuat yang diturunkan pada ajang BSR 2016 merupakan wajah baru.

Gelar juara umum tetap dibidik, namun peluang mencari pengalaman dan membangun kebersamaan menjadi hal yang lebih diutamakan.

Toh, youngster United Indonesia tak tampil mengecewakan. Mengenakan kaos yang sengaja didesain khusus bertuliskan 3-PEAT untuk menambah motivasi, mereka berhasil membuktikan diri tak kalah hebat dari para seniornya.

Misi mempertahankan gelar juara umum empat kali beruntun dalam empat tahun terakhir pun berhasil dituntaskan.

Luar biasanya lagi, pesaing yang ditaklukkan tidak hanya berasal dari komunitas fans sepak bola, tetapi juga komunitas olahraga lainnya.

Tak tanggung-tanggung, jumlahnya mencapai 31 komunitas. Total terdapat 21 komunitas sepak bola internasional dan 11 komunitas non-sepak bola yang bertarung pada BSR 2016.

Ajang tahunan Tabloid BOLA ini menghadirkan lima kategori tantangan dengan persentase penilaian berbeda.

Kelima tantangan tersebut adalah Freestyle Contest (10 persen), Urban Culture Race (40 persen), Sportainment (15 persen), Sportacular (20 persen), dan ZINC Creative Activity (15 persen).

Usai pertunjukan yang menghentak adrenalin dari NTRL, saat yang ditunggu-tunggu pun tiba. Laiknya tahun-tahun sebelumnya, UI Jakarta tampil dominan pada kategori race yang tahun ini bertemakan “Urban Culture”.

Tim Race berhasil menyelesaikan tantangan yang diberikan di setiap pos dengan relatif cepat dan finis pertama. Hal ini membawa dampak yang cukup besar bagi perolehan poin United Indonesia.

Sementara itu, pada kategori Freestyle Contest, United Indonesia juga berhasil menempati peringkat ketiga.

Namun, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, pada kategori Sportainment dan Sportacular, United Indonesia gagal mendapatkan posisi tiga besar.

Pengumuman juara tiap kategori pun satu per satu dibacakan hingga tiba saatnya giliran nama komunitas Sang Juara Umum disebutkan.

MC Caesar dan Andini kemudian dengan lantang menyebut nama United Indonesia.

Selebrasi perwakilan United Indonesia saat menerima trofi juara umum Zinc BOLA Sports Race 2016 di Taman Mini Indonesia Indah, Minggu (27/11/2016)
Selebrasi perwakilan United Indonesia saat menerima trofi juara umum Zinc BOLA Sports Race 2016 di Taman Mini Indonesia Indah, Minggu (27/11/2016)
LARIZA OKY ADISTY/JUARA.NET

Kontan saja sorak-sorai, chants, dan segala bentuk luapan kebahagiaan bercampur di antara para pemain dan pendukung yang masih setia hingga akhir acara. Malam itu, United Indonesia kembali ditahbiskan menjadi yang terbaik.

“Sebenarnya, ini di luar ekspektasi karena tim yang kami turunkan hampir semuanya muka baru, bisa dibilang bukan The Winning Team seperti pada tiga gelaran BSR sebelumnya. Akan tetapi, siapa pun yang diturunkan, saya percaya akan kemampuan dan kualitas member United Indonesia. Mereka sudah mempersembahkan yang terbaik untuk komunitas ini,” ujar Raymond Paraeng, Korda United Indonesia chapter Jakarta.

“Sudah menjadi kultur di UI Jakarta untuk selalu kompetitif, kompak, dan saling percaya. Jadi, kami tinggal susun strategi yang pas untuk setiap kategorinya. Lalu, teman-teman yang lain juga meng-encourage tim supaya semangat mengejar gelar juara,” tuturnya.

"Para pemain yang sudah menyumbang tiga gelar bagi United Indonesia pada tahun-tahun sebelumnya juga turut membantu lewat bimbingan dan masukan pada gelaran kali ini. Intinya, kami semua saling melengkapi," lanjutnya.

Memastikan gelar juara umum, United Indonesia memperoleh total 2.413 poin. Mereka mengungguli Lazio Indonesia (2.033), yang menempati posisi runner-up, dan Milanisti Indonesia (1.932) di peringkat ketiga.

Kini, United Indonesia menatap target selanjutnya untuk gelaran tahun depan. Mereka berencana untuk mengamankan Piala Bergilir Bola Sports Race itu untuk lima tahun beruntun. (Johanna Pauline) 

Perwakilan United Indonesia pada Zinc BOLA Sports Race 2016:

Urban Culture Race: Ario Adi Nugroho, Malique Achmad, Alfian, Nicko Ibnu Baskara, Tyas Mahendra, Ananda Taufiq

Sportainment: Fajar Aidil, Rival Achmad, Bima Agung Dwi Hariyanto

Sportacular: Yosimar Simanjuntak, Adjie Anggono, Achmad Faried Muammar, Morgen Robnicol, Abdillah Maulana Furqon, Heri Dermawan, Tubagus Faiz, Daniel Ratumbanua, Ni Wayan Putri, Rivaldi Anask, Reza Aditya

Freestyle Soccer Contest: Rizki Setiawan

Daftar pemenang Zinc BOLA Sports Race 2016:

  • Juara Umum: United Indonesia
  • Peringkat ke-2: Lazio Indonesia
  • Peringkat ke-3: Milanisti Indonesi

Sportainment

  • Juara 1: Manchester City Supporters Club Indonesia
  • Juara 2: Viola Club Indonesia
  • Juara 3: Indonesia Manchester United

Sportacular

1. Trashbag Community
2. Lazio Indonesia
3. Manchester City Supporters Club Indonesia

Urban Culture Race

1. United Indonesia
2. Jakarta Hammers
3. Parkour

Best Supporter

Inter Club Indonesia

PES Competition

Lazio Indonesia

Freesytle Soccer Contest

1. IF3
2. Inter Club Indonesia
3. United Indonesia

TOPIK :

Komentar