Kenal Lebih Dekat - Roberto Firmino

By Firzie A. Idris - Kamis, 23 Juli 2015 | 19:32 WIB
Roberto Firmino
PATRIK STOLLARZ/AFP
Roberto Firmino

Roberto Firmino sudah mulai berlatih dengan Liverpool di Melwood mulai pertengahan pekan ini setelah ia kembali dari liburan seusai memperkuat Brasil di Copa America 2015. Mari kita mengenal lebih dekat penyerang Brasil yang kubu Anfield datangkan dengan banderol 29 juta pound ini dari Hoffenheim.

Roberto Firmino Barbosa de Oliveira lahir di Maceio, kota tepi pantai yang terletak di timur laut Brasil, pada Oktober 1991.

Tahun 2010 saat usianya masih 19 tahun, sang pemain pindah ke Hoffenheim dari klub divisi kedua Brasil, Figueirense.

"Sungguh aneh karena di sesi latihan terkadang ia, tanpa alasan jelas, melakukan kesalahan. Tetapi, ketimbang marah, ia terus belajar dan mendengarkan instruksi pelatih, senantiasa menanyakan letak kesalahannya di mana. Hal ini memesona saya," tutur Ernst Tanner, direktur olah raga Hoffenheim, yang memantau langsung sang pemain seperti dikutip Guardian.

Firmino mengaku kesulitan kala pertama kali beradaptasi di Jerman. Namun, ia masih turun 11 kali sepanjang musim pertamanya di Bundesliga 2010-11. Acapkali ia dicoba di posisi-posisi menyerang berbeda.

"Bundesliga adalah salah satu liga terbaik di dunia. Saya belajar beradaptasi di sana dan menjadi lebih bagus. Walau begitu, masih banyak yang bisa saya tingkatkan dari permainan saya. Motivasi terbesar saya adalah bahwa saya tidak cepat puas," ujar Firmino kepada situs resmi Liverpool.

Tahun berikutnya, sang pemain menjadi andalan dengan melakoni 33 penampilan dan mencetak tujuh gol.

Penampilan penyerang baru Liverpool ini meledak pada 2013/14.

Bersama Kevin Volland, ia membawa Hoffenheim mencetak 72 gol, terbanyak ketiga setelah Bayern Muenchen dan Dortmund, sepanjang musim kendati Hoffe finish peringkat kesembilan.

Firmino mencetak 16 dari 72 gol klubnya tersebut. Ia menjadi top scorer klub di atas Anthony Modeste dan Sejad Halihovic.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber :


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X