Etos Kerja Madrid Rendah Menilik Daya Jelajah

By Anju Christian Silaban - Sabtu, 1 Oktober 2016 | 16:04 WIB
Bek Real Madrid, Raphael Varane (tengah), merayakan gol yang dia cetak ke gawang Borussia Dortmund dalam laga Liga Champions di BVB Stadion, Dortmund, 27 September 2016.
ODD ANDERSEN/AFP
Bek Real Madrid, Raphael Varane (tengah), merayakan gol yang dia cetak ke gawang Borussia Dortmund dalam laga Liga Champions di BVB Stadion, Dortmund, 27 September 2016.

 Real Madrid boleh saja membukukukan rapor tidak pernah kalah dalam dua partai fase grup Liga Champions 2016-2017. Hanya, menilik etos para pemain di lapangan, mereka masih membutuhkan banyak pembenahan.

Tengok saja statistik temuan media asal Spanyol, Sport, terkait daya jelajah tim di turnamen. Dalam hal ini, Madrid menempati urutan terbawah.

Selama 180 menit, para pemain Madrid cuma menempuh 176,141 kilometer. Jumlah itu terpaut jauh dari tiga tim Spanyol lainnya, yaitu Atletico Madrid, Barcelona, dan Sevilla.

Atletico menunjukkan keunggulan 54,084 kilometer dari rival sekotanya. Adapun Barcelona menorehkan catatan 42,809 kilometer lebih baik dan Sevilla unggul 40,150 atas juara bertahan.

Untuk aspek daya jelajah, Tottenham Hotspur menempati posisi teratas dengan catatan 233,932 kilometer.

Rendahnya etos kerja Madrid di lapangan turut dikonfirmasi oleh rekaman UEFA (dengan data berbeda dibandingkan Sport). Pada dua pertandingan, Madrid selalu mencatatkan daya jelajah lebih rendah daripada lawannya.

Terakhir, saat ditahan imbang Dortmund, Rabu (28/9/2016), pemain Madrid cuma berlari sejauh 105,6 kilometer. Adapun Dortmund menempuh jarak 113,8 kilometer.

Statistik minor ini sekaligus memicu keraguan terhadap pelatih kebugaran Madrid, Andrea Pintus. Dia direkrut dari Olympique Lyon pada bursa transfer musim panas 2016.

Bersama Pintus, Madrid tidak cuma terlihat memiliki etos rendah di lapangan, tetapi juga rentan saat mengalami benturan.

Buktinya, ada tiga pemain Madrid menderita cedera sejak pramusim, di antaranya Casemiro, Lucas Silva, dan Marcelo. Cristiano Ronaldo tidak masuk hitungan karena cedera lutut yang dialaminya terjadi pada Piala Eropa 2016.


Editor :
Sumber : UEFA, Sportes


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.