Dari Tujuh Posisi, Ada Satu yang Bikin Bale Tak Nyaman

By Anju Christian Silaban - Sabtu, 1 Oktober 2016 | 14:05 WIB
Winger Real Madrid, Gareth Bale, merayakan gol yang dia cetak ke gawang Real Sociedad dalam pertandingan La Liga di Stadion Anoeta, San Sebastian, Spanyol, 21 Agustus 2016.
JUAN MANUEL SERRANO ARCE/GETTY IMAGES
Winger Real Madrid, Gareth Bale, merayakan gol yang dia cetak ke gawang Real Sociedad dalam pertandingan La Liga di Stadion Anoeta, San Sebastian, Spanyol, 21 Agustus 2016.

Transfermarkt mencatat tujuh posisi sudah dijajal bintang Real Madrid, Gareth Bale, sepanjang kariernya. Namun, ada satu area yang membuat Bale merasa tidak nyaman.

Bale muda memang mengawali karier profesional di Southampton sebagai bek kiri. Di posisi ini, dia bermain sebanyak 33 kali.

Lantaran tuntutan bertahan, ketajaman pemain asal Wales itu pun terkekang. Hanya satu gol diciptakan Bale ketika beroperasi di sisi kiri pertahanan.

Kemampuan menyerang Bale baru berkembang ketika pindah ke Tottenham Hotspur pada musim panas 2007. Martin Jol selaku manajer saat itu, lebih sering memasang Bale sebagai gelandang kiri.

Hasilnya, dia mencetak 43 gol dan 37 assist dalam 121 pertandingan sebagai gelandang kiri.

"Jol mungkin melihat saya tidak bisa bertahan dengan baik. Saya memang selalu ingin menjadi pemain menyerang, bukan bertahan," tutur Bale.

"Pandangan serupa dimiliki Harry Redknapp. Oleh karenanya, saya dicopot dari posisi bek kiri. Redknapp menginginkan agar saya bermain lebih menyerang. Sejak itu, saya tidak pernah lagi dipindahkan ke belakang," ucap dia.

Sejak kursi manajer diduduki Redknapp lalu berpindah ke Andre Villas-Boas, Bale memang menjadi pemain ofensif secara permanen. Dua posisi yang sering ditempati dia adalah gelandang kiri atau gelandang serang.

Kini, bersama Madrid, dia kembali berpindah posisi ke sayap kanan. Posisi terakhir terbukti mampu mendongkrak ketajaman Bale.

Dari 105 pertandingan, pemilik nomor kostum 11 itu menyumbangkan 52 gol dan 40 assist.


Editor :
Sumber : transfermarkt, As


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X