Ajax Cukup Dolberg Saja atau Perlu Balotelli?

By Riemantono Harsojo - Selasa, 2 Agustus 2016 | 17:06 WIB
Enoch Balotelli (kiri) berpose dengan kakaknya, Mario Balotelli, sebelum duel Serie A antara AC Milan lawan Sampdoria, 28 September 2013.
MARCO LUZZANI/GETTY IMAGES
Enoch Balotelli (kiri) berpose dengan kakaknya, Mario Balotelli, sebelum duel Serie A antara AC Milan lawan Sampdoria, 28 September 2013.

 Ajax Amsterdam dikabarkan tertarik mendatangkan Mario Balotelli. Pertanyaannya, perlukah Ajax membutuhkan striker Italia itu saat mereka mulai jatuh cinta pada Kasper Dolberg?

Dolberg baru berusia 18 tahun. Sampai akhir Juli 2016 dia baru satu kali memperkuat tim utama Ajax. Namun, pemain dan pendukung klub elite Belanda itu sudah jatuh cinta padanya.

Dolberg dikontrak Ajax dari Silkeborg IF (Denmark) pada Januari 2015, tapi penyerang muda asal Denmark itu baru datang ke Amsterdam pada musim 2015/16. Dia ditempatkan di tim Ajax A1 (U-19).

Berperan membawa Ajax A1 memimpin klasemen Eredivisie U-19 dan mencetak tiga gol yang mengantar Ajax ke babak gugur UEFA Youth League 2015/16, pada Januari 2016 Dolberg diundang untuk mengikuti pemusatan latihan tim utama Ajax di Turki.

Pada Juli 2016, pelatih baru Ajax, Peter Bosz, meminta Dolberg berlatih bersama tim utama karena Ajax minim penyerang tengah. Striker utama Arek Milik masih liburan setelah membela Polandia di Euro 2016.

Lebih suka memasang penyerang baru Mateo Cassierra sebagai penyerang kiri, Bosz pun menempatkan Dolberg sebagai pilihan pertama di pos penyerang tengah pada partai pertama play-off Liga Champion melawan PAOK (Yunani).

Pada 26 Juli 2016 di Amsterdam Arena, Dolberg melakoni debut di pertandingan resmi bersama Ajax. Aksi-aksinya mengesankan sekitar 45 ribu suporter tuan rumah.

Dolberg bahkan menjadi penyelamat Ajax. Tembakannya dari luar kotak penalti membuat Ajax menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Skor itu bertahan sampai pertandingan kelar.

"Selasa lalu Dolberg memperlihatkan kemampuan sebagai penyerang berdarah dingin dengan tembakan yang baik," tulis media Algemeen Dagblad.

Tiga hari setelah partai melawan PAOK, Ajax menggelar acara Open Dag, perkenalan tim kepada para fan di Amsterdam Arena. Di acara itu, Dolberg yang baru pertama kali mengikuti Open Dag jadi incaran para fan.

"Dolberg sekarang menjadi pemain favorit saya," ujar seorang fan cilik kepada stasiun televisi AT5. "Karena dia berperan penting di pertandingan terakhir," sambungnya.

Bukan hanya fan, pemain Ajax juga sudah langsung menyukai Dolberg. Pujian dilontarkan oleh kapten Davy Klaassen.

"Pada latihan kita semua dapat melihat betapa bagusnya dia. Dia adalah finisher sejati. Sebagai penyerang dia nyaman untuk banyak mengontrol bola. Memang seperti itu yang dia inginkan. Dia juga bisa menyundul," kata sang kapten yang berposisi sebagai gelandang.

Namun, saat Open Dag pada 29 Juli, muncul kabar bahwa Ajax memulai langkah untuk merekrut penyerang Mario Balotelli dari Liverpool. Balotelli rupanya disiapkan sebagai pengganti Arkadiusz Milik yang dijual ke Napoli dengan harga tinggi 34 juta euro.


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : Algemeen Dagblad, AT5, De Telegraaf, Ajax.nl


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X