Jakmania Membeludak, Pelatih dan Pemain Persija Buka Suara

By Segaf Abdullah - Jumat, 27 Januari 2017 | 07:55 WIB
Jakmania memadati tempat latihan Persija Jakarta di POR Sawangan, Depok, Rabu (25/1/2017) sore WIB.
SEGAF ABDULLAH/JUARA.NET
Jakmania memadati tempat latihan Persija Jakarta di POR Sawangan, Depok, Rabu (25/1/2017) sore WIB.

Pelatih Persija Jakarta, Stefano Cugurra, memetakan perbedaan kultur suporter di Indonesia dan Thailand. Sebelumnya, pelatih asal Brasil itu sempat kaget dengan antusiasme yang dipamerkan Jakmania, sebutan fans Persija.

Sejak Persija memulai latihan terbuka, Sabtu (21/1/2017), ratusan Jakmania lintas usia tidak pernah absen memadati POR Sawangan, Depok.

Tanpa adanya koordinasi dari pihak klub, beberapa anggota Jakmania bahkan ada yang mencoba menghampiri pemain idolanya saat sesi latihan masih berlangsung.

Saat ditanya mengenai hal itu, Teco, sapaan Stefano Cugurra, memaklumkannya. Pelatih berusia 42 tahun itu percaya setiap negara memiliki kultur suporter masing-masing.

"Selama tujuh musim saya di Thailand, suporter lebih banyak didominasi oleh keluarga. Sepak bola di sana lebih dianggap hiburan layaknya orang bepergian ke mal," ucap Teco kepada wartawan, Kamis (26/1/2017).

"Di Indonesia jelas berbeda, suporter di sini fanatik. Mereka ke stadion memang ingin mendukung klub idolanya," tutur eks asisten pelatih Persebaya Surabaya pada periode 2005-2008.


Striker Persija Jakarta, Rudi Widodo, harus meladeni Jakmania untuk berfoto bersama saat menuju ruang istirahat seusai mengikuti sesi latihan tim di POR Sawangan, Depok, Rabu (25/1/2017) sore WIB.(SEGAF ABDULLAH/JUARA.NET)

Sementara itu, bagi striker baru Persija, Rudi Widodo, kagum dengan antusiasme Jakmania. Gairah yang memang tidak dia temukan selama membela Bhayangkara FC pada Kejuaraan Sepak Bola Torabika (TSC) 2016.

"Ya, sedikit mengganggu, tetapi ini luar biasa. The Jak sangat bersemangat dan itu juga yang menular kepada para pemain," tutur Rudi.

Selepas latihan, para pemain yang sudah tampak letih tersebut pun harus siap dikerubungi Jakmania yang telah menunggu mereka untuk sekadar foto bareng.


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : -


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X