Tontowi/Liliyana, Waspadai Pasangan Thailand

By Tulus Muliawan - Rabu, 11 Desember 2013 | 08:29 WIB
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir (Erly Bahtiar/Bolanews)

Hasil undian BWF menempatkan pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir di grup B. Dalam grup tersebut, Tontowi/Liliyana tergabung bersama Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen (Denmark), Sudket Prapakamol/Saralee Thoungthongkam (Thailand), dan Xu Chen/Ma Jin (Cina).

Jika dilihat dari rekam jejak tahun ini, Tontowi/Liliyana sangat berpeluang meraih gelar juara. Pasalnya, Juara Dunia 2013 itu berhasil memenangi semua pertemuan calon lawannya itu.

Tontowi/Liliyana masih memegang rekor kemenangan dari Xu/Ma tahun ini. Mereka berhasil menyapu bersih tiga pertemuannya dengan Xu/Ma dengan kemenangan. Salah satu kemenangan itu diraih di final Kejuaraan Dunia 2013.

Tontowi/Liliyana juga punya catatan positif saat berjumpa Nielsen/Pedersen tahun ini. Meski kalah rekor kemenangan, Tontowi/Liliyana berhasil memenangi pertemuan terakhir di Cina Open November silam.

Meski berada di atas angin, Tontowi/Liliyana tidak bisa meremehkan pasangan asal Thailand Sudket Prapakamol/Saralee Thoungthongkam. Pasalnya, pasangan peringkat enam dunia itu kerap memberikan kejutan bagi Tontowi/Liliyana.

Pertemuan terkhir terjadi di Final BWF Super series 2012. Saat itu Tontowi/Liliyana kalah 19-21, 21-14, 14-21. Pasangan Thailand itu juga memupus harapan Tontowi/Liliyana meraih gelar juara di kandang sendiri setelah kalah di final Indonesia Open 2012.