Firman Utina Beri Suara kepada Cristiano Ronaldo

By Verdi Hendrawan - Selasa, 13 Januari 2015 | 15:49 WIB
Firman Utina (ADEK BERRY/GETTY IMAGES)

Sebagai kapten tim nasional Indonesia, Firman Utina, memiliki hak untuk memberikan suaranya dalam pemilihan pemain terbaik dunia atau Ballon d'Or. Gelandang berusia 33 tahun itu mengaku memberikan suaranya kepada Cristiano Ronaldo yang berhasil terpilih menjadi yang terbaik di 2014.

Menurut Firman, pemain lainnya yang menjadi kandidat sebagai pemain terbaik dunia 2014, Lionel Messi dan Manuel Neuer, juga memiliki kualitas tinggi, namun saat ini Ronaldo dinilai on fire. Selain itu, gelandang Persib Bandung ini menilai pemain yang mengenakan nomor punggung 7 di Real Madrid tersebut merupakan tipe pekerja keras.

"Kepribadiannya, pola latihan, dan hubungannya di dalam timnya juga bagus," kata Firman pada Selasa (13/1) kepada situs resmi Persib.

Selain Firman, pelatih timnas Alfed Riedl juga memberikan suara kepada Ronaldo. Dari data yang dirilis situs resmi FIFA, pemain asal Manado tersebut memilih Ronaldo di posisi pertama kemudian duo Barcelona, Neymar dan Lionel Messi, di posisi kedua dan tiga. Sementara Riedl memilih Ronaldo sebagai yang pertama, disusul oleh Lionel Messi dan Manuel Neuer.

Pilihan Firman dan Alferd itu pun tidak salah. Ronaldo mendapatkan suara terbanyak dengan 37,66 persen pada gala Ballon d'Or 2014 yang berlangsung di markas FIFA, Zurich, pada Selasa (13/1) dini hari WIB. Di posisi kedua direbut Messi yang mendapatkan 15,76 persen suara, sedangkan Neuer di posisi ketiga dengan 15,72 persen suara.