Pemain Muda Indonesia Diincar Klub Spanyol

By Verdi Hendrawan - Senin, 6 Juli 2015 | 19:55 WIB
Andri Syahputra / Dok. Football Channel Asia

Pesepak bola muda asal Indonesia, Andri Syahputra, berpeluang meniti karier di Eropa setelah dikabarkan tengah diincar oleh salah satu klub asal Spanyol, Villarreal.

Andri saat ini merupakan bagian dari program Aspire Academy Qatar dan membela Al Gharafa yang berkompetisi di Qatar Star League U-17. Pemain berusia 16 tahun itu dikabarkan sempat menjalani beberapa program di beberapa klub Eropa, termasuk Spanyol.

"Tahun ini, dia juga bergabung tim saat mengunjungi Stuttgart, Villarreal, dan Barcelona. Saya dengar dari ibunya kalau Andri sedang dihubungi Villarreal (soal kemungkinan bergabung dengan akademi mereka)," ungkap ayah Andri, Agus Sudarmanto.

Andri sudah tinggal di Qatar sejak berusia lima tahun, seiring penempatan kerja ayahnya di negara Timur Tengah tersebut. Dua tahun kemudian, pemain kelahiran Aceh itu mulai bermain sepak bola, sebelum bergabung dengan program Aspire pada 2009.

Dengan statusnya sebagai pemain home grown Qatar, Andri berpeluang membela tim nasional Qatar. Namun, mengacu wawancaranya dengan salah satu media Spanyol, Andri mengaku belum membuat keputusan soal masa depannya di level internasional.

"Aku nyaman bermain di sini. Bermain di Piala Dunia? Itu mimpi semua orang, Namun, aku belum berpikir sejauh itu. Premier League dan La Liga adalah favoritku. Bermain di Spanyol? Aku berharap hal itu terwujud suatu hari nanti dan hal itu akan menjadi pencapaian luar biasa," ujarnya lagi.