Koeman: Klaim Penalti Mourinho Tidak Penting

By Jalu Wisnu Wirajati - Minggu, 4 Oktober 2015 | 04:49 WIB
Ronald Koeman (Getty Images)

Ronald Koeman berpendapat klaim Jose Mourinho kala Chelsea seharusnya mendapatkan hadiah tendangan penalti tidak vital pada laga versus Southampton, Sabtu (3/10/2015). Koeman sangat yakin Southampton sangat pantas atas kemenangan di Stamford Bridge.

Southampton sukses mencuri kemenangan 3-1 atas Chelsea. Usai pertandingan Jose Mourinho mengatakan wasit sudah melakukan keputusan salah dengan tidak memberikan hadiah tendangan penalti saat Radamel Falcao jatuh di dalam kotak penalti Southampton.

Menurut keputusan wasit Falcao bukan dijatuhkan, namun sengaja menjatuhkan diri. Akan tetapi, di mata Jose Mourinho wasit seharusnya memberikan hadiah tendangan penalti untuk timnya, bukan malah memberikan Falcao kartu kuning.

Terkait komentar Mourinho tersebut, Ronald Koeman berpendapat insiden tersebut tidak menentukan. "Jika demikian hasilnya mungkin 5-2 dan menjadi lebih buruk buat mereka. Mungkin, jika mereka mengklaim satu penalti, kami mengklaim dua. Itulah keputusan yang perlu diambil wasit," kata Koeman.

Koeman mengakui anak asuhnya kesulitan di awal pertandingan. Namun, ada perbedaan signifikan yang ditunjukkan Sadio Mane cs di babak kedua sehingga berhasil memetik kemenangan atas juara bertahan Premier League tersebut.

"Kami mengalami kesulitan di awal pertandingan namun mampu bangkit dan menyamakan kedudukan menjadi 1-1 dengan torehan gol hebat. Perbedaannya adalah bagaimana kami keluar dari ruang ganti, menekan Chelsea, dan melakukan pergerakan fantastis. Menurut saya kami sangat pantang atas torehan tiga poin," tutur dia.