Robben: Belanda Harus Menyalakan Lilin

By Selasa, 13 Oktober 2015 | 18:30 WIB
Arjen Robben, mengimbau kepada rekan-rekannya agar banyak berdoa. (Getty Images)

Belanda akan muncul di jajaran teratas, andai dilakukan pemeringkatan terhadap penghuni peringkat keempat di sembilan grup babak Kualifikasi Euro 2016.

Belanda bersama Israel (Grup B) kini menyandang status sebagai tim peringkat keempat terbaik Kualifikasi Euro 2016. Tim Oranye dan Israel sama-sama menorehkan 13 poin dalam sembilan pertandingan. Selisih gol mereka juga identik (15-11).

Namun, label itu terasa percuma karena tak berujung dengan tiket otomatis ke Euro 2016 maupun play-off. Misi Belanda kini adalah menghindari sebutan sebagai tim peringkat keempat terbaik.

Kapten Tim Oranye yang tengah menjalani rehabilitasi pemulihan cedera, Arjen Robben, menyebut bahwa rekan-rekannya mesti menyalakan lilin dan banyak berdoa. Belanda butuh keajaiban agar bisa menggeser Turki dari posisi tiga Grup A yang berhadiah tiket ke babak play-off.

“Kami bergantung kepada tim lain, di mana ini adalah situasi terburuk dari yang mungkin Anda alami. Misi yang sangat rumit. Kami wajib melakukan hal yang mesti dilakukan, yakni menang, kemudian berdoa, berharap, dan menyalakan lilin,” kata Robben di De Telegraaf.

Lilin harapan Belanda untuk menduduki peringkat ketiga Grup A akan tetap menyala jika mereka bisa menaklukkan Republik Ceska di Amsterdam Arena, Selasa (13/10). Hanya, syarat itu saja belum cukup. Belanda juga kudu berharap Turki kalah saat menjamu Islandia di Torku Arena (13/10).

Hasil imbang di Torku Arena akan langsung memadamkan lilin doa penggawa Belanda di Amsterdam.

“Sulit melihat Turki kalah di kandang sendiri, namun saya tetap meyakininya. Kami harus menang. Hal ini adalah satu-satunya yang dapat saya kontrol,” kata pelatih Belanda, Danny Blind, di Algemeen Dagblad.