Del Piero Siap Alih Profesi

By Wieta Rachmatia - Selasa, 13 Oktober 2015 | 07:23 WIB
Alessandro del Piero, ingin menjajal karier sebagai pelatih.

Menjelang usia 41 tahun, Alessandro Del Piero siap memulai babak baru dalam karier sepak bola. Mantan striker tim nasional Italia ini berhasrat untuk menjadi pelatih.

"Saya harus mengakui, saya siap menjadi arsitek tim. Jika Anda bertanya kepada saya tiga tahun lalu, saya akan mengatakan tidak. Akan tetapi situasi saat ini berbeda," kata Del Piero seperti dilansir situs Guardian.

Del Piero memulai perjalanan sebagai pesepak bola profesional bersama Padova. Namun pria kelahiran 9 November 1974 tersebut menghabiskan sebagian besar kariernya bersama Juventus.

Ia meraih sederet gelar bergengsi semasa membela I Bianconeri. Koleksi titelnya terdiri dari enam scudetto, empat Piala Super Italia, dan trofi Liga Champion.

Del Piero sempat membela Sydney FC dan Delhi Dynamos sebelum gantung sepatu. Kini ia melirik pekerjaan sebagai pelatih di salah satu klub Australia.

"Menjadi pelatih merupakan pekerjaan yang rumit dan memberikan kesempatan bagi Anda untuk merasakan sepak bola dengan visi. Namun saya ingin memastikan, bahwa hingga saat ini saya belum mendaftar untuk mengikuti kursus kepelatihan," ucap Del Piero.

Di sisi lain, Del Piero mengaku siap menjadi pelatih karena telah belajar banyak dari sederet arsitek tim ternama Italia. Ia pernah menjadi anak buah Marcelo Lippi, Fabio Capello, dan Carlo Ancelotti.

"Saya pernah bekerja dengan tiga pelatih hebat untuk waktu yang lama. Saya menyadari betapa mereka menangani tim dengan kerendahan hati, kecerdasan, dan kesabaran tanpa batas," ungkap Del Piero.