Ganda Campuran Sisakan Tontowi/Liliyana

By Delia Mustikasari - Kamis, 28 April 2016 | 12:55 WIB
Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, saling merangkul setelah mengalahkan wakil China, Xu Chen/Ma Jin, pada babak kedua Kejuaraan Asia, Kamis (28/4/2016). (BADMINTON INDONESIA)

Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, menjadi satu-satunya wakil pada nomor tersebut yang lolos ke babak perempat final Kejuaraan Asia.

Tiga ganda campuran lain sudah tersingkir lebih dulu. Mereka adalah pasangan Praveen Jordan/Debby Susanto, Ronald Alexander/Melati Daev Oktaviani, dan Edi Subaktiar/Gloria Emanuelle Widjaja.

Tontowi/Liliyana lolos ke babak tersebut setelah mengatasi pasangan China, Xu Chen/Ma Jin 21-12, 21-16 pada laga yang berlangsung di Wuhan Sports Center Gymnasium, Kamis (28/4/2016).

Laga ini merupakan pertemuan ke-18 diantara kedua pasangan dengan rekor kemenangan masih dipegang Xu/Ma dengan 10 kemenangan.

Kemenangan ini membuat rekor pertemuan kedua pasangan menjadi 10-9, masih untuk keunggulan Xu/Ma. Terakhir kali kedua pasangan bertemu pada Kejuaran Asia 2015. Kala itu Xu/Ma kalah 12-21, 15-21

Pada gim pertama, terjadi laga ketat antara kedua pasangan, namun Tontowi/Liliyana masih menguasai jalannya pertandingan. Xu/Ma tertahan hingga angka 12.

Laga ketat juga terjadi pada gim kedua dan Xu/Ma berhasil mengamankan interval kedua dengan 11-8. Xu/Ma semakin menjauh dengan 14-8.

Namun, Tontowi/Liliyana terus bermain impresif untuk mengejar ketinggalan hingga berhasil menyamakan kedudukan 16-16. Laju unggulan kedua tersebut berlanjut hingga menyentuh angka 21 lebih dulu.

Pada babak perempat final, Tontowi/Liliyana akan menghadapi pasangan Korea Selatan, Choi Sol-gyu/Eom Hye-won yang meraih tiket perempat final setelah mengatasi Lee Chun Hei reginald/Chau Hoi Wah (Hong Kong).