Kalah dari Zhang/Zhao, Tontowi/Liliyana Gagal Pertahankan Gelar

By Pipit Puspita Rini - Minggu, 1 Mei 2016 | 14:18 WIB
Pasangan ganda campuran nasional, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, saat menjalani laga babak perempat final melawan Choi Sol-gyu/Eom Hye-won, pada Kejuaraan Asia yang berlangsung di Wuhan Sports Center, Wuhan, China, Jumat (29/4/2016). (BADMINTON INDONESIA)

Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, gagal mempertahankan gelar Kejuaraan Asia yang berlangsung di Wuhan Sports Center, 26 April-1 Mei.

Tontowi/Liliyana kalah 21-16, 9-21, 17-21 dari unggulan pertama asal China, Zhang Nan/Zhao Yunlei, pada partai final, Minggu (1/5/2016).

Tontowi/Liliyana membuka pertandingan dengan bagus. Mereka memimpin pengumpulan poin sejak awal dan tak pernah terkejar hingga gim pertama berakhir.

Gim kedua berjalan berbeda. Sempat unggul 1-0, Tontowi/Liliyana terlewati lawan dan tak pernah mampu mengejar.

Baca Juga:

Gim ketiga berlansung ketat hingga 5-5. Pasangan China membuka jarak dan unggul 9-5.

Tontowi/Liliyana berhasil mendekat hingga 7-9, tetapi Zhang/Zhao merespons dengan mencatat dua poin beruntun yang membawa mereka menjauh 11-7.

Tontowi/Liliyana berusaha menambah poin demi menipiskan selisih. Namun, pasangan China berhasil menjaga keunggulan mereka hingga akhirnya memenangi pertandingan.

Tontowi/Liliyana gagal mempertahankan titel dan memastikan Indonesia pulang tanpa membawa gelar dari Kejuaraan Asia.

Bagi Zhang/Zhao, ini merupakan gelar ketiga mereka di Kejuaraan Asia setelah 2011 dan 2012. Mereka juga memantapkan dominasi atas Tontowi/Liliyana dengan rekor kemenangan 13-5.