Riky/Gloria Kalah, Indonesia Tak Punya Wakil pada Final Taiwan Terbuka

By Delia Mustikasari - Sabtu, 2 Juli 2016 | 14:12 WIB
Pasangan ganda campuran Indonesia, Riky Widianto/Gloria Emanuelle Widjaja, ketika tampil pada babak perempat final Taiwan Terbuka di Taipei Arena, Jumat (1/7/2016). (BADMINTON INDONESIA)

Pasangan ganda campuran Indonesia, Riky Widianto/Gloria Emanuelle Widjaja, gagal melaju ke babak final Taiwan Terbuka setelah kalah dari Tan Kian Meng/Lai Pei Jing (Malaysia), Sabtu (2/7/2016).

Riky/Gloria kalah dari Tan/Lai 17-21, 20-22, pada laga semifinal yang berlangsung di Taipei Arena. Kekalahan ini membuat Indonesia tak memiliki wakil pada babak final.

Pada laga sebelumnya, kiprah pasangan ganda campuran Hafiz Faisal/Shela Devi Aulia juga terhenti setelah ditaklukkan unggulan kelima Zheng Siwei/Chen Qingchen (China), 14-21, 13-21.

Pada gim pertama, kedua pasangan masih mencari pola permainan yang akan diterapkan. Selanjutnya mereka terlibat adu mencetak poin hingga kedudukan imbang 5-5.

Setelah itu, pasangan Tan/Lai lebih mendominasi permainan. Mereka banyak menempatkan kok dekat net hingga mereka unggul pada interval 11-8.

Tan/Lai menguasai jalannya pertandingan, meskipun poin yang mereka dapat harus melalui reli cukup lama.

Riky/Gloria berusaha mengejar ketinggalan hingga berhasil menyamakan kedudukan menjadi 16-16 dan berbalik memimpin 17-16, tetapi Tan/Lai kembali unggul.

Riky/Gloria tidak mampu bermain lepas hingga mereka tertahan pada angka 17.

Riky/Gloria membuka gim kedua dengan keunggulan 2-0. Setelah itu, kedua pasangan bergantian mencetak poin.

Saat kedudukan 5-5, Riky/Gloria mencetak tiga poin beruntun untuk unggul 8-5. Tan/Lai berusaha memperkecil defisit angka dan berhasil memimpin interval dengan 11-10.

Tan/Lai terus menekan pertahanan Riky/Gloria, namun pasangan yang baru dipasangkan pada turnamen ini berhasil menyamakan skor 15-15.

Tan/Lai semakin mendominasi laga hingga memimpin 20-17, namun Riky/Gloria berhasil mendekat 20-21. Setelah melalui tiga kali deuce, Riky/Gloria harus mengakui keunggulan Tan/Lai setelah berjuang selama 46 menit.