Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Alfian/Annisa Jadi 'Runner-up' Vietnam Terbuka 2016

By Diya Farida Purnawangsuni - Minggu, 24 Juli 2016 | 16:53 WIB
Pasangan ganda campuran Indonesia, Alfian Eko Prasetya/Annisa Saufika, sedang mengembalikan kok ketika menghadapi pasangan asal China, Zhang Nan/Zhao Yunlei, pada babak perempat final BCA Indonesia Open Superseries Premiere 2016, yang berlangsung di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat (3/6/2016). (KRISTIANTO PURNOMO/KOMPAS.COM)

Pasangan ganda campuran nasional, Alfian Eko Prasetyo/Annisa Saufika, tampil sebagai runner-up pada turnamen Vietnam Terbuka 2016 yang berlangsung di Nguyen Du Stadium, Ho Chi Minh City, 18-24 Juli.

Pada babak final, Minggu (24/7/2016), Alfian/Annisa kalah dari wakil Malaysia, Tan Kian Meng/Lai Pei Jing, 16-21, 11-21.

Di atas kertas, Tan/Lai yang berperingkat ke-37 dunia memang lebih diunggulkan ketimbang Alfian/Annisa yang berada di peringkat ke-50 dunia.

Faktor keunggulan ini ditunjukkan Tan/Lai di atas lapangan pertandingan. Bermain lebih padu, unggulan ketiga tersebut mendominasi jalannya laga, terutama pada gim kedua.

Berkali-kali serangan Tan/Lai gagal ditahan Alfian/Annisa. Di sisi lain, Alfian/Annisa yang menjadi unggulan keempat malah kerap membuat kesalahan.

Kekalahan Alfian/Annisa ini memastikan Indonesia hanya meraih satu gelar dari Vietnam Terbuka. Gelar itu dipersembahkan oleh pasangan ganda putri Della Destiara Haris/Rosyita Eka Putri Sari yang mengalahkan rekan senegara, Tiara Rosalia Nuraidah/Rizki Amelia Pradipta, pada babak final.