Praveen/Debby Absen pada Indonesia Masters 2016

By Diya Farida Purnawangsuni - Jumat, 26 Agustus 2016 | 16:59 WIB
Pasangan ganda campuran Indonesia, Praveen Jordan/Debby Susanto, berpose setelah menjalani laga babak perempat final Olimpiade 2016 melawan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir di Riocentro Pavilion 4, Rio de Janeiro, Minggu (14/8/2016). (PIPIT PUSPITA RINI/JUARA.net)

Pasangan ganda campuran nasional, Praveen Jordan/Debby Susanto, dipastikan absen pada turnamen Indonesia Masters 2016 yang berlangsung di Balikpapan, Kalimantan Timur, 6-11 September mendatang.

Pelatih nasional ganda campuran, Richard Mainaky, mengatakan, Praveen/Debby urung bertanding karena alasan stamina.

"(Mereka) Tidak memungkinkan untuk bertanding pada Indonesia Masters karena fisik dan staminanya sudah habis di Rio," tutur Richard kepada JUARA saat ditemui di Pelatnas Cipayung, Jakarta Timur, belum lama ini.

Praveen/Debby merupakan satu dari enam wakil Indonesia dari cabang bulu tangkis yang berlaga pada Olimpiade Rio 2016, Rio de Janeiro, Brasil, 7-21 Agustus lalu.

Langkah Praveen/Debby pada debut Olimpiade mereka sampai ke babak perempat final. Mereka dikalahkan rekan senegara, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, dengan 21-16, 21-11, di Riocentro Pavilion 4.

"Performa Praveen/Debby cukup bagus di Rio, selama menjalani penyisihan mereka hanya kalah dari Zhang Nan/Zhao Yunlei. Sayang saja kemarin drawing-nya bertemu Tontowi/Liliyana. Untuk berikutnya, saya menjadwalkan mereka turun pada Jepang Terbuka 2016," kata Richard.

Berdasarkan jadwal yang dirilis BWF dalam situs resmi mereka, turnamen Jepang Terbuka 2016 akan berlangsung di Tokyo, 20-25 September mendatang.

Dengan demikian, Praveen/Debby masih memiliki waktu sekitar satu bulan sebelum kembali menjalani kompetisi.

Tahun lalu, laju Praveen/Debby pada Jepang Terbuka hanya sampai babak kedua. Mereka kalah dari pasangan Korea Selatan, Ko Sung-hyun/Kim Ha-na.