IMI Jabar Akan Belajar dari Penyelenggaraan MXGP di Pangkal Pinang

By Budi Kresnadi - Minggu, 12 Februari 2017 | 14:25 WIB
Ketua IMI Jabar Gachrul Sarman (BUDI KRESNADI/JUARA.NET)

Ikatan Motor Indonesia (IMI) Jawa Barat siap menggelar event balap motor berkualitas sepanjang 2017. Untuk itu, mereka akan belajar dari penyelenggaraan MXGP di Pangkalpinang, 5 Maret.

Fachrul Sarman yang baru terpilih sebagai Ketua Umum IMI Jabar periode 2016-2020 mengatakan bahwa pihaknya berencana menggelar tiga seri Kejurda grasstrack di tiga region yang ditutup pada seri Bandung.

"Setiap serinya akan digelar bersamaan di tiga region tersebut. Setelah menjalani tiga seri, sejumlah pebalap terbaik dari setiap region akan tampil pada seri puncak yang rencananya berlangsung di Bandung," ujar Fachrul kepada wartawan di Bandung, Jumat (10/2/2017).

Meski hanya seri Kejurda, Fachrul berencana mengemas sesuai standar nasional, termasuk panjang dan lebar lintasan yang digunakan.

Menurut Fachrul, pembuatan trek untuk grasstack tersebut akan melibatkan master trek yang andal dan telah berpengalaman merancang lintasan di berbagai tempat.

"Kami juga akan melakukan studi banding pada gelaran MXGP di Pangkalpinang untuk belajar bagaimana mengelola event dengan standar internasional," tuturnya.

Keseriusan IMI Jabar menggelar seri kejurda grasstrack yang kompetitif dengan jadwal yang tersusun rapi bertujuan untuk mengasah kemampuan pebalap agar menjadi pebalap andal.

Dikatakan Fachrul, Jabar dulu merupakan gudang para pebalap nasional. Namun, tiga tahun terakhir tidak muncul bibit unggul yang bisa bersaing di ajang nasional.

Dia berharap melalui kompetisi yang akan digelar ini akan muncul banyak pebalap bagus.