VO2 Max Pemain Persegres Masih di Bawah Standar

By Sahlul Fahmi - Sabtu, 25 Februari 2017 | 12:43 WIB
Satria Tama dkk. saat menjalani tes VO2 Max di Stadion Petrokimia Gresik. (SAHLUH FAHMI/JUARA.net)

Para pemain Persegres menjalani tes VO2 Max pada latihan Jumat (24/2/2017) sore di Stadion Petrokimia Gresik. Dari hasil evaluasi, mereka rata-rata belum mencapai level ideal. 

Tak semua pemain mengikuti tes ini karena beberapa pemain ada yang berhalangan sehingga baru 24 pemain yang menjalani tes. Para pemain salah satunya adalah Choi Hyun-yeon yang masih dalam perjalanan dari Korea Selatan.

Sedang I Gusti Rustiawan dan M. Said masih belum fit dari cedera hamstring sehingga hanya berlatih ringan di pinggir lapangan. David Faristian juga harus istirahat seusai menjalani operasi dan Ahmad Faris Ardiansyah masih dalam proses penyembuhan setelah mengalami kecelakaan tiga hari menjelang kick-off Piala Presiden.

Pelatih kepala Persegres Hanafi, masih belum puas dengan hasil tes VO2 Max kali. Menurut dia, fisik para pemain masih belum sesuai standar sehingga minggu depan dirinya akan kembali meningkatkan latihan bagi Satria Tama dkk.

"Idealnya para pemain harus bisa mencapai level 15 atau 16. Namun, sore ini mereka rata-rata baru mencapai level antara 12 sampai 14," jelas Hanafi.

Para pemain yang masuk dalam lima besar adalah Ghufroni Al Maruf (14), Abdul Abanda Rahman (13), Patrick da Silva (12), Fitra Ridwan (12) dan Herwin Tri Saputra (11).

"Tujuan tes ini adalah untuk mengetahui kondisi fisik pemain apakah sudah tinggi apa belum. Bagi yang belum nanti akan kita beri perhatian khusus. Pokoknya gimana caranya harus dipaksa sehingga pemain tersebut bisa mencapai hasil yang standar," jelas pelatih asal Malang itu.