Faktor Ban Bantu Dovizioso Finis di Urutan Kedua

By Nugyasa Laksamana - Senin, 27 Maret 2017 | 05:22 WIB
Pebalap Ducati Team, Andrea Dovizioso, menjalani sesi konferensi pers seusai balapan GP Qatar di Sirkuit Losail, Qatar, Minggu (26/3/2017). (Dok. Ducati)

Pebalap MotoGP dari Ducati Team, Andrea Dovizioso, finis di urutan kedua pada GP Qatar, Minggu (26/3/2017). Menurut dia, faktor ban menjadi salah satu kuncinya.

Balapan ini berlangsung dalam kondisi cuaca yang buruk. Hujan membuat kondisi lintasan Sirkuit Losail, Qatar menjadi basah.

"Ini adalah balapan yang sangat sulit, tetapi kami cukup cerdas memilih ban lunak. Kami tahu, balapan tidak akan berlangsung begitu cepat," kata Dovizioso seusai balapan.

"Pada beberapa momen saya mencoba untuk tetap menyaingi Vinales. Namun, pada lap terakhir, dia sudah terlalu jauh. Saya ingin berterima kasih kepada semuanya. Saya senang!" tutur dia.

Sepanjang kariernya di MotoGP, Dovizioso tercatat sudah tiga kali menduduki urutan kedua di Sirkuit Losail.

Dovizioso mengawali balapan perdana MotoGP 2017 dengan baik. Ia start di urutan kelima, kemudian ke posisi tiga besar, hingga sempat memimpin.

Sementara itu, rekan setim Dovizioso, Jorge Lorenzo, start dari urutan ke-12. Eks pebalap Movistar Yamaha itu finis di posisi ke-11.

Balapan GP Qatar sempat tertunda beberapa saat karena hujan. Hal itu memperburuk kondisi trek di Sirkuit Losail yang tak dilengkapi drainase.

Cuaca buruk di Sirkuit Losail sudah berlangsung sehari sebelum balapan. Bahkan, sesi kualifikasi sampai ditiadakan.

Alhasil, starting grid ditentukan dari kombinasi hasil latihan bebas pertama, kedua, dan ketiga.