Tontowi/Liliyana Lolos Dramatis ke Final

By Peksi Cahyo Priambodo - Sabtu, 16 Juni 2012 | 20:37 WIB
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir (Peksi Cahyo/Bolanews)

Luar biasa usaha yang ditunjukkan ganda campuran kita, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, saat menghadapi pasangan Xu Chen/Ma Jin (Cina) di semifinal Djarum Indonesia Open 2012, Sabtu (16/6). Mereka mampu merebut tiket ke partai final usai melewati tiga gim yang sulit.

Tontowi/Liliyana, yang  merupakan juara All England 2012, tampil meyakinkan di awal pertandingan. Mereka tak menemui halangan berarti untuk merebut gim pertama lewat kedudukan 21-16.

Namun, Chen/Jin memukul balik di gim kedua. Mereka unggul 8-6, lalu memperlebar selisih angka menjadi 16-11. Pasangan Cina memaksa pertandingan berlanjut ke rubber game setelah menutup gim tersebut dengan 21-15.

Pertarungan sengit kembali tersaji di gim ketiga. Kedua kubu tak kenal lelah untuk saling kejar mengejar angka. Tontowi/Liliyana membuat penonton di Istora Senayan bergemuruh setelah mengejar ketertinggalan dari 11-14 menjadi 18-16. Setelah itu, pasangan yang akrab disapa Butet/Owi itu berhasil menuntaskan perlawanan pasnagan Cina dengan skor 21-16.

"Intinya sih fokus. Berkat fokus, kami bisa mengejar, menyamakan kedudukan, dan menang," ujar Liliyana usai bertanding.

Ini merupakan kedua kalinya TOntowi/Liliyana lolos ke final Indonesia Open. Tahun lalu, mereka juga berhasil menyentuh partai puncak, tapi gagal menjadi juara.