Kobe Bryant Pebasket Berpendapatan Tertinggi NBA

By Peksi Cahyo Priambodo - Kamis, 26 Januari 2012 | 16:59 WIB
Kobe Bryant, berpenghasilan tertinggi di NBA. (Getty Images)

Siapakah pebasket berpendapatan tertinggi saat ini di NBA? Dialah Kobe Bryant. Shooting guard LA Lakers ini memiliki total pendapatan US$ 53,2 juta (Rp 478 miliar) setahun.

Gaji Kobe dari Lakers adalah US$ 25,2 juta (Rp 226,8 miliar). Dari produk global seperti Nike, Smart Car, Panini, dan Turkish Airlines, pundi-pundi pemilik 5 cincin juara NBA itu bertambah US$ 28 juta (Rp 252 miliar).

Kobe mendapatkan perpanjangan kontrak sebesar US$ 84 juta untuk tiga tahun. Sebelumnya, total pendapatan Kobe selama 15 tahun bermain di NBA (sebelum mendapatkan perpanjangan kontrak US$ 84 juta), adalah US$ 196 juta (Rp 1,8 triliun). Kontrak besar yang diterima Lakers dari jaringan TV Time Warner Cable selama 20 tahun sebesar US$ 200 juta, menjadi alasan Lakers memberikan kontrak besar kepada Kobe.

Peringkat kedua pebasket NBA berpendapatan tertinggi adalah LeBron James. Total penghasilan LeBron selama setahun adalah US$ 49 juta. Nike sebagai sponsor utama LeBron memberikan bayaran tak kurang dari US$ 10 juta per tahun.

Selain Nike, produk-produk yang menjadi sponsor King James adalah Coca-Cola, McDonald’s, State Farm, dan Upper Deck. Total pendapatan dari sponsor di luar gaji mencapai US$ 33 juta. Berapakah gaji LeBron? Ia hanya mendapatkan US$ 16 juta!

Peringkat ketiga pebasket dengan penghasilan besar adalah Dwight Howard. Center Orlando Magic ini mendapatkan penghasilan sebesar US$ 28,9 juta per tahun. Dari gaji, Howard mendapatkan gaji US$ 17,9 juta. Dari sponsor (Adidas dan McDonald's) mendapatkan uang US$ 11 juta.

Peringkat keempat dan kelima pebasket NBA berpenghasilan terbesar adalah Dwyane Wade dan Carmelo Anthony. Penghasilan Wade US$ 27,7 juta sementara Melo US$ 26,5 juta.

Bayaran Wade US$ 15,7 juta dan ia mendapatkan tambahan dari Jordan Brand. Sementara Melo hanya mendapatkan US$ 8 juta dari endorsement, di luar kontrak US$ 61 juta/3 tahun dari Knicks.